Indonesia Classic n Unique Bus 2017

Bus Jadoel & Unik akan Unjuk Diri di InCUBUS 2017

Ekawan Raharja    •    Rabu, 15 Mar 2017 20:44 WIB
buspameran otomotif
Bus Jadoel & Unik akan Unjuk Diri di InCUBUS 2017
Bus jadoel Mitsubishi Fuso produksi awal 1960-an. (foto: HalteBus/AM Fikri)

Metrotvnews.com: Setelah kereta api, bus merupakan moda transportasi darat yang sangat vital pada awal-awal masa kemerdekaan Indonesia. Melalui bus, warga dari berbagai kota besar dan kecil saling dihubungkan, barang-barang serta jasa diniagakan. Roda perekonomian pun berputar.

Kini ada banyak pilihan moda transportasi untuk berpergian. Hampir semua bus-bus yang dahulu jadi andalan masyarakat berakhir sebagai besi tua. Hanya beberapa yang 'selamat' karena menjadi koleksi komunitas penggemar bus. Belasan di antaranya akan dipamerkan akhir bulan ini.

"Ada belasan bus yang akan dipamerkan, paling tua produksi 1960-an," ujar AM Fikri, koordinator pameran yang bertajuk Indonesia Classic n Unique Bus (InCUBUS) 2017.

Di dalam surat elektroniknya, Rabu (15/3/2017), disebutkan bahwa pameran dijadwalkan berlangsung pada 29 Maret hingga 1 April mendatang. Lokasinya adalah Hall B JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Selain unit bus jadoel dalam kondisi terawat bahkan masih bisa berfungsi, juga dipamerkan foto-foto dari bus dari berbagai era dan daerah di Indonesia.



"Ada dokumen ijin trayek yang ditandatangani pemerintah Hindia Belanda berangka tahun 1937," tambah Fikri.

Pameran pertama di Indonesia ini tidak sekedar sebagai ajang bertemunya para penggemar dan kolektor bus. Melainkan mengingatkan kembali kepada masyarakat luas tentang peran bus sebagai bagian vital perjalanan sejarah bangsa.

"Sebenarnya ada banyak kolektor bus di Indonesia. Terima kasih kepada pemilik bus yang berkenan meminjamkan bus kesayangannya untuk kami pamerkan di InCUBUS2017," tutup Fikri.


(LHE)