Auto Guangzhou 2016

Volvo S90 dari Tiongkok untuk Tiongkok

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 23 Nov 2016 12:29 WIB
volvoauto guangzhou
Volvo S90 dari Tiongkok untuk Tiongkok
Volvo S90 Excellence (carscoops.com)

Metrotvnews.com: Di saat Eropa dan Amerika belum sepenuhnya siuman dari dampak krisis ekonomi global, Tiongkok menjadi pasar yang menjanjikan. Tidak terkecuali bagi Volvo untuk memasarkan generasi baru varian sedan mewahnya, S90.

Demi menekan harga, Volvo bahkan memutuskan memindahkan jalur produksi seluruh varian 90 series dari Swedia ke Tiongkok. Sebagaimana dikutip dari carscoops.com sebagian dari hasil produksinya untuk memenuhi permintaan generasi muda kaya Tiongkok yang terus tumbuh, sedangkan sisanya dikirimkan ke Eropa dan Amerika Utara.

"Tiongkok sangat penting dalam ambisi manufaktur global kami. Pabrik kami akan membuat produk kelas dunia dan di-ekspor ke seluruh dunia dengan kontribusi penjualan sebesar 800 ribu unit per tahun pada 2020," kata Presiden Volvo Car Group, Håkan Samuelsson, dalam Guangzhou Motor Show 2016.

Sementara waktu S90 Excellence yang jadi standar untuk pasar global masih tetap dibangun di Swedia. Sedangkan S90 yang Volvo hadirkan dalam pameran otomotif terbesar di Tiongkok ini, adalah versi standar yang diproduksi di Daqing, Tiongkok. Pabrik ini juga akan memproduksi semua varian 60 series dan 40 series.

Fitur unggulan paling mencolok dari S90 Excellence yang lebih panjang dibanding pendahulunya ini adalah Lounge Console. Mendengar namanya sudah dapat dibayangkan kenyamanan lounge hotel mewah dipindahkan ke dalam mobil.



Lounge Console terdiri dari serangkaian komparten penyimpanan yang memanjang dari kabin depan hingga belakang. Desainnya menawarkan kepraktisan layaknya firts class penerbangan lintas benua. Jok penumpang tidak cuma dilengkapi footrest dan meja lipat, tapi juga built-in car entertainment system dengan layar monitor besar yang bisa dihubungkan dengan laptop serta smartphone.

Uniknya bagian bawah jok depan merupakan tempat menyimpan sepatu. Di antara dua jok belakang ada ada lemari pendingin dengan kompartemen untuk gelas-gelas kristal buatan tangan dari Orrefors, Swedia.  



Sumber tenaga Volvo S90 Excellence adalah mesin plug-in hybrid T8 Twin 2.0 liter yang menghasilkan 316 daya kuda. Khusus pasar Tiongkok, S90 standart akan dibekali mesin bensin empat silinder T4 dan T5. Meski demikian fitur keamanan mengantisipasi penyeberang jalan yang menjadi bagian semi-autonomous driving assistance system, tetap disematkan. Demikian juga dengan sistem sirkulasi udara CleanZone dan car-infotainment berbasis Apple CarPlay and Android Auto.
 


(LHE)