Ground Force One, Bus Canggih Seharga Rp14 Miliar untuk Trump

Hilman Haris    •    Senin, 21 Nov 2016 12:05 WIB
teknologi otomotif
Ground Force One, Bus Canggih Seharga Rp14 Miliar untuk Trump
Ground Force One dibuat oleh perusahaan otomotif asal Tennese, Hemphill Brothers Coach Co

Metrotvnews.com: Donald Trump bakal mendapat pengawalan ketat selama menjadi Presiden Amerika Serikat periode 2017--2021. Selama menjalankan tugas, Trump bakal dikawal oleh pasukan khusus serta kendaaran canggih dengan tingkat keamanan istimewa.

Ground Force One menjadi salah satu kendaraan yang bakal digunakan Trump. Sama seperti kendaraan kepresidenan lainnya, bus ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang mampu melindungi sang presiden dari ancaman bahaya. Eksterior sudah pasti antipeluru. Selain itu, bus sepanjang 13,7 meter tersebut juga diisi oleh sejumlah senjata canggih.

Baca juga: Intip Kecanggihan The Beast, Calon Mobil Kepresidenan Donald Trump

Menurut Business Insider, Ground Force One dilapisi baja dan kaca hitam yang tak bisa dilihat dari luar. Kaca depan menjadi satu-satunya yang tembus pandang. Jadi, Trump harus berdiri di samping sopir jika ingin melambaikan tangan atau menyapa rakyat AS. Ground Force One dibuat oleh perusahaan otomotif asal Tennese, Hemphill Brothers Coach Co. Secret Service AS membeli bus tersebut dengan harga USD 1,1 juta (sekitar Rp14 miliar). 

Secret Service AS menambahkan sejumlah fitur setelah membeli bus tersebut. Di antaranya melengkapi bus dengan sistem pencegah kebakaran, tangki oksigen jika sewaktu-waktu Trump diserang serangan kimia, dan pasokan kantong darah.

Sejauh ini Secret Service AS sudah memiliki tiga Ground Force One. Ketiga bus tersebut siap dipakai untuk memfasilitasi Trump menjalankan tugas kenegaraan. (Business Insider)


(HIL)