Tips Knowledge

20 Pengemudi Langgar Batas Kecepatan di Tol Cipali per Hari

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 28 Nov 2016 15:00 WIB
tips knowledge
20 Pengemudi Langgar Batas Kecepatan di Tol Cipali per Hari
Batas kecepatan di jalan tol 60-100 km per jam. 9Comm

Metrotvnews.com, Jakarta: Batas kecepatan di jalan bebas hambatan atau tol paling rendah 60 kilometer per jam dan paling tinggi 100 km per jam. Hal ini sudah tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 79 Tahun 2013 tentang Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Anehnya, masih ada pengemudi yang lalai aturan. Alhasil, jalan tol kerap menjadi lokasi kecelakaan yang diakibatkan pengendara memacu kendaraan dengan kecepatan melebihi batas. 

Berkaca dari persoalan itu, Humas Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek, Iwan Abrianto tak henti memberikan imbauan kepada pengguna tol untuk mematuhi aturan tentang batasan kecepatan.

Langkah konkret juga ditempuh untuk mengurangi pengemudi yang gemar ngebut. Salah satunya dengan menerapkan penggunaan speed gun di sejumlah ruas tol yang tidak ada kemacetan seperti tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Hasilnya, polisi menilang minimal 20 kendaraan di Tol Cipali setiap harinya. Mereka ditilang karena pengemudi yang melanggar batas kecepatan.

Ada kemungkinan penggunaan speed gun diterapkan di semua ruas tol termasuk tol dalam kota. Pasalnya di ada kecenderungan pengemudi langsung memacu kendaraan dengan kencang ketika lalu lintas sudah lengang.
 


(HIL)