Peristiwa Unik

Graham Bell Pecah Rekor Dunia Tow Ski

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 04 Oct 2017 08:13 WIB
peristiwa unik
Graham Bell Pecah Rekor Dunia  <i>Tow Ski</i>
Guinness World Record for the fastest towed speed on skis. Autoguide

Metrotvnews.com: Jaguar bekerja sama dengan mantan atlet Olimpiade Inggris, Graham Bell untuk membuat rekor dunia baru, Guinness World Record for the 'fastest towed speed on skies'. Uniknya, menurut Autoguide ini salah satu catatan rekor yang paling aneh dunia otomotif.

Untuk melakukan aksinya, Jaguar XF Sportbrake yang sudah dipasangkan pengait diharuskan menarik Graham yang menggunakan peralatan ski hingga kecepatan tertinggi rata-rata 180 km per jam. 

Dalam keterangannya, aksi yang dilakukan di Jaguar Land Rover‘s Revi Test Centre di the Arctic Circle, berhasil melampaui target batas kecepatan yang ditetapkan oleh Guinness World Record, 75 km per jam.

Terlepas dari pemecahan rekor tersebut, ini sekaligus ajang untuk memperkenalkan ragam fitur di XF Sportbrake. Seperti adanya teknologi all-wheel-drive XF Sportbrake, Adaptive Surface Response (AdSR) dan All Surface Progress Control, yang diklaim mendukung keberhasilan aksi Graham.

"XF Sportbrake dibangun berdasarkan kesuksesan sedan dan memiliki semua teknologi AWD canggih dan arsitektur aluminium-intensif yang telah membuat XF menjadi pemenang multi-penghargaan," kata Jaguar Land Rover UK MD, Jeremy Hicks.

Berkat mesin berkapasitas 3.0 liter, XF Sportbrake mampu menyemburkan daya 380 tenaga kuda dan torsi 450 nm. Melesat dari 0-100 km per jam dalam 5,5 detik dan kecepatan tertinggi mencapai 250 km per jam. 

"Traksi, handling dan stabilitas kecepatan XF Sportbrake membuatnya menjadi pilihan sempurna untuk upaya perekaman kecepatan ini. Kami sangat bangga telah mendukung Graham dalam pencapaian pemecahan rekor dunia yang luar biasa ini." 


(UDA)