Mobil Bekas

Untung-Rugi Beli dan Jual Mobil di Momen Lebaran

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 29 May 2017 14:48 WIB
mobil bekas
Untung-Rugi Beli dan Jual Mobil di Momen Lebaran
Sewa mobil terikat waktu pemakaian, membeli justru lebih bebas masa pakainya. Dok. MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Memasuki bulan ramadan seperti saat ini, pasar mobil bekas ikut bergejolak. Banyak konsumen mencari mobil untuk digunakan mudik menuju kampung halaman bersama keluarga.

Ada fenomena tersendiri mendekati Lebaran, yakni konsumen membeli mobil bekas beberapa bulan sebelum mudik kemudian menjualnya kembali usai Lebaran. Hal ini dikemukakan petinggi OLX Indonesia, beberapa waktu lalu.

"Mereka membeli mobil sebelum Lebaran, dan menjual kembali usai Lebaran. Hitung-hitung sewa mobil, depresiasi yang didapat rasanya tak terlalu kecil, jadi mereka tak rugi-rugi banget." katanya.

Namun menurut seorang pedagang mobil bekas asal Depok, hal itu tak seluruhnya benar. "Di sini malah tidak ada, kalau pun ada justru depresiasi harga mobil bisa turun Rp10 juta. Lebih murah sewa untuk Lebaran saja," kata Kiki dari Putra Motor.

Tapi Kiki tak menampik jika masa pakai yang didapat bisa lebih panjang jika melakukan hal tersebut. "Tidak ada biaya ekstra kalau balikin mobilnya telat, seperti halnya kita sewa mobil untuk Lebaran," lanjutnya.

Kelemahan lainnya adalah pembelian mobil bekas ini harus dengan cara tunai. Jika membeli dengan kredit, maka harus ada proses oper kredit yang justru memakan waktu karena prosesnya jadi lebih panjang.


(UDA)