Recall Mobil

Rem ABS Rusak, VW Recall 750 Ribu Unit Mobil

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 10 Jul 2017 14:08 WIB
recall mobil
Rem ABS Rusak, VW <i>Recall</i> 750 Ribu Unit Mobil
Volkswagen tarik 750 mobil di seluruh dunia terkait kerusakan rem ABS. Autoguide

Metrotvnews.com: Volkswagen beberapa tahun terakhir didera masalah yang cukup membuat bisnis mereka cukup goyang. Usai skandal dieselgate yang cukup fenomenal, ada saja masalah yang selalu menghampiri brand tersebut.

Kali ini mereka kembali melakukan pemanggilan unit mobil yang beredar. Tak tanggung-tanggung, jumlah unit yang mereka recall kali ini jumlahnya mencapai lebih dari 750.000 unit mobil secara global. Dikutip dari Autoguide, penarikan ini terkait dengan sistem pengereman anti-lock brake system (ABS). Sistem tersebut mengalami disfungsi dalam beberapa kondisi.

Ini termasuk saat mobil berada dalam situasi over dan understeer atau saat pengemudi menekan pedal rem dengan cara mendadak. Pembuat mobil asal Jerman itu belum merilis pemberitahuan resmi tentang detail penyebab kerusakan. Namun, KFZ-Betrieb, media industri otomotif di Jerman, melaporkan bahwa masalahnya karena kelebihan muatan termomekanik di unit kontrol untuk ABS dan ESP.

Media lokal itu juga melaporkan, kerusakan ini berdampak pada model Caddie, Eose, Golf, Golf Plus, Jetta, dan Scirocco yang diproduksi antara Mei 2008 dan Agustus 2010. Termasuk Audi A3 produksi 2009 , serta Skoda Octavias dan Superb yang diproduksi antara Juni 2008 dan Juni 2009.

Untungnya bagi Volkswagen, masalah kerusakan sistem pengereman ini bisa diatasi hanya dengan meng-update software, sehingga biaya yang ditanggung perusahaan tidak terlalu besar. Rencana pemberitahuan recall kepada pemilik dijadwalkan mulai 17 Juli mendatang.

Bagi pemilik yang terdampak, khususnya untuk mobil yang beredar di Indonesia ada baiknya segera melakukan pengecekan terkait sistem ABS, agar meminimalisir kemungkinan risiko kecelakaan akibat rem yang gagal fungsi.


(UDA)