Tips Knowledge

Alasan Pentingnya Merotasi Ban Mobil

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 25 Aug 2017 08:55 WIB
tips mobil
Alasan Pentingnya Merotasi Ban Mobil
Rotasi ban diperlukan agar permukaan habis merata. Coho Automotive

Metrotvnews.com, Jakarta: Barangkali Anda pernah mengalami ban depan lebih cepat aus, atau sebaliknya ban belakang yang lebih cepat aus. Bisa jadi itu karena ban mobil Anda tak pernah dirotasi, bertukar posisi menjadi ban depan atau jadi ban belakang.

Dalam safety book yang dikeluarkan Goodyear, disebutkan tujuan rotasi adalah untuk memberikan keausan yang rata dan seimbang pada setiap ban karena pemakaian.

Rotasi perlu dilakukan karena dalam jangka waktu dan jarak tertentu, kembangan ban akan aus. Sementara itu pola tapak ban tak hanya untuk estetika semata, tapi juga mendukung fungsi keselamatan.

Merotasi ban pun ada polanya, namun secara umum bisa dilakukan secara lurus (ban depan-belakang saling bertukar disisi mobil yang sama), atau menyilang (ban depan pindah menyilang menuju belakang).

Jika sesuai penggeraknya, maka untuk penggerak roda belakang dan empat roda, posisinya ban depan pindah menyilang menuju poros belakang, dan ban belakang pindah keporos depan namun disisi yang sama. Sedangkan untuk penggerak roda depan sebaliknya, ban belakang pindah menyilang, depan tetap disisi yang sama.

Rotasi ban sebaiknya dilakukan setiap 8.000 hingga 10.000 kilometer sejak awal pemasangan. Jika ban aus tidak rata, konsultaskan pada bengkel, bisa jadi ada ketidakselarasan arah ban, ban tidak balance atau masalah mekanis lainnya.


(UDA)