F4 Tiongkok

David Sitanala Persiapkan Diri Jelang Seri Pertama F4 Tiongkok

Ekawan Raharja    •    Selasa, 18 Apr 2017 20:11 WIB
balap mobil
David Sitanala Persiapkan Diri Jelang Seri Pertama F4 Tiongkok
David Sitanala akan turun di balapan F4 Tiongkok. DS

Metrotvnews.com, Jakarta: Hari-hari balapan perdana David Sitanala di ajang Formula 4 (F4) Tiongkok semakin dekat. Pembalap asli Maluku tersebut terus mempersiapkan diri guna turun di balapan perdananya.

David semakin giat berlatih sebelum belapan perdana yang akan berlangsung 22-23 April 2017. Bahkan porsi untuk latihan fisiknya pun ditingkatkan.

"Persiapan fisik semakin saya kuatkan menghadapi race pertama. Kalau dulu cukup satu kali sehari, sekarang dinaikan menjadi dua kali sehari untuk Senin sampai Jumat. Sedangkan Sabtu dan Minggu diberikan jatah libur oleh pelatih fisik (Dennis van Rhee)," ujar David melalui keterangan resminya.

Sedangkan untuk urusan mobil, pembalap muda Indonesia tersebut mempercayakan kepada tim Champ Motorsport. Mulai dari settingan untuk balap hingga masukan dari David akan menjadi tanggung jawab dari Champ Motorsport.

"Saya yakin David siap untuk menghadapi race pertamanya. David merupakan kuda hitam di seri ini yang mana peserta lainnya merupakan pembalap yang sudah beberapa tahun mengikuti kejuaraan balap Formula," tambah Manager David Sitanala, Stanley Iriawan.

Optimisme Stanley bukan sekadar harapan kosong. Harapannya membuncah setelah melihat hasil tes pra-musim ketiga, saat David mencantatkan waktu terbaik 1.42,08 detik, terpaut hanya 0.08 detik dari pemegang waktu tercepat Sean Zheng.

Hasil positif yang Ia raih saat sesi pra-musim ini juga membuatnya dijadikan pembalap utama oleh Champ Motorsport. "Puji Tuhan, karena catatan waktu saya yang baik, tim akhirnya memutuskan saya sebagai pembalap utama," tambah David.

Meski sudah meningkatkan persiapan dan meraih hasil positif selama tes pra-musim, David tetap memiliki tantangan di F4 Tiongkok. Dia menilai balapan ini sangat kompetitif karena diikuti oleh berbagai pembalap dari luar Tiongkok.

"Tapi yang menjadi perhatian saya adalah pembalap dari Tiongkok, Charles Leong juara Aian Formula Renault," tulis David.

Aksi perdana David Sitanala di F4 Tiongkok tentu patut mendapatkan doa dari seluruh masyarakat Indonesia. Bahkan Gubernur Maluku, Said Assagaff, juga memberikan dukungan terhadap putra daerahnya tersebut.

"Sasya merasa senang mendapatkan dukungan doa dari bapak gubernur. Kelas ini ada perhatian khusus dari beliau, bukan sekedar support sisi finansial," tambah David.

Balapan perdana F4 Tiongkok rencananya akan berlangsung di Sirkuit Internasional Zhuhai pada 22-23 April 2017. Nantinya akan ada tiga balapan yang berlangsung, dimana setiap balapan memiliki 10-12 lap.


(UDA)