Aksesoris Otomotif

M2M Vehicle Telematics, Tracker Mobil Terhubung ECU

Ekawan Raharja    •    Rabu, 29 Apr 2015 14:38 WIB
oto aksesoris
<i>M2M Vehicle Telematics</i>, <i>Tracker</i> Mobil Terhubung ECU
Pelacan dan pembaca telematis kendaraan dari Indosat. Ilustrasi: Delmonsolution

Metrotvnews.com, Jakarta: Indosat menghadirkan inovasi terbaru berupa layanan Vehicle Telematics dengan layanan tracking, telematics, dan analytics. Layanan ini merupakan salah satu portofolio M2M Indosat yang menawarkan solusi kepada perusahaan dalam memantau kendaraanya.

Mieke S Djalil, Head of B2B Transformation, menjelaskan kompetitifnya dunia bisnis menuntut perusahaan pelaku usaha untuk melakukan efisiensi di semua lini operasional.

Dengan dihadirkannya M2M Vehicle Telematics, diharapkan dapat meningkatkan efisiensi operasional perusahaan, terutama perusahaan armada dan kendaraan operasional.

"Dengan layanan ini, kami ingin mendukung perusahaan transportasi, logistik, distribusi atau pertambangan untuk mendapatkan pengelolaan armada yang efisien melalui penggunaan bahan bakar dan rute perjalanan yang optimal dan di lain sisi tercipta keamanan armada dan pengemudi dan meningkatnya kualitas distribusi,” beber Mieke.

Alat Vehicle Telematics berupa on board diagnostic (OBD) yang dapat dipasang secara plug & play dan tersambung dengan electronic control unit (ECU) di setiap kendaraan. Data yang terekam dapat diakses melalui komputer atau smartphone yang terkoneksi ke internet.

Vehicle telematics merekam berbagai data operasional kendaraan yang disimpan otomatis dan terstruktur dalam database. Datanya dapat diambil dan dioleh sesuai kebutuhan oleh pemilik kendaraan.

Seperti, pemakaian bahan bakar, kondisi kendaraan (mesin, aki dan kelistrikan, gas buang dan lain lain), perilaku berkendara si supir hingga perencanaan rute perjalanan. Juga merekam kejadian penting seperti rem mendadak, banting kemudi tiba-tiba dan sebagainya, serta mengetahui lokasi kendaraan pada waktu tertentu.


(UDA)