Teknologi Otomotif

Jeep Wrangler 2018 Adopsi Bahan Aluminium

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 19 Sep 2016 19:10 WIB
jeep
Jeep Wrangler 2018 Adopsi Bahan Aluminium
Jeep Wrangler 2018 bakal gunakan bahan aluminium. Rubicon4Wheeler

Metrotvnews.com: Penggunaan material yang ringan pada bodi mobil, sudah lama digunakan oleh produsen mobil supercar. Untuk mobil-mobil SUV, material ringan ini juga sudah mulai diaplikasikan. Seperti yang dilakukan oleh Jeep. Mereka menggunakan alumunium pada beberapa mobilnya untuk membuat konsumsi bahan bakar lebih irit dan efisien.

Ini adalah kata kunci yang selalu dikejar produsen otomotif dunia. Namun setup mesin, dan sistem mekanis serta pembakaran tak selalu jadi kuncinya. Jadi bobot mobil yang dikurangi, sehingga tenaga yang dibutuhkan untuk menggerakkan, tak begitu besar.

Belum lama ini, pemasok alumunium Alcoa membocorkan informasi yang mengungkapkan, bahwa Wrangler baru bakal pakai bahan alloy (aluminium) di beberapa bagian tubuhnya.

Alcoa adalah perusahaan pemasok yang berfokus pada bahan inovatif dan ringan serta teknik manufaktur maju, dengan salah satu spesialisasi bidangnya adalah aluminium. Dalam rilis internal yang bocor dari seorang karyawan Alcoa ke Forum JL Wrangler mengungkapkan, perusahaan itu telah dikontrak oleh Jeep untuk memasok bahan baku. Ada tiga jenis paduan bentuk tinggi untuk konstruksi panel bodi mobil.

Dijelaskan, bagian-bagian Jeep yang akan dikerjakan dan dibuat menggunakan logam Alcoa adalah, dua bagian dalam dan luar bodi, serta panel pintu bagian dalam. Ini tidak mengherankan jika Jeep bakal menggunakan bahan yang ringan untuk membangun Wrangler generasi berikutnya.

Apalagi CEO Fiat Chrysler Sergio Marchionne telah menyebutkan, jika mobil baru buatannya akan hadir dengan tampilan yang lebih baik dengan menggunakan bahan aluminium, yang rencananya akan diproduksi sekitar Mei 2017. Kabar lainnya, Wrangler baru juga akan hadir dengan sesuatu yang benar-benar keren, terutama, versi pikap yang sudah lama ditunggu-tunggu penggemarnya.


(UDA)