Industri Otomotif

Mazda Komitmen Semua Mobilnya Full Listrik Mulai 2035

Ekawan Raharja    •    Jumat, 08 Sep 2017 12:35 WIB
mazda
Mazda Komitmen Semua Mobilnya Full Listrik Mulai 2035
Mazda juga memiliki rencana untuk mobil listrik. MTVN/Ekawan

Metrotvnews.com: Mazda sudah mengumumkan rencana jangka panjang hingga 2035. Pabrikan mobil asal Jepang ini bahkan merencanakan seluruh produknya akan dimodali motor tenaga listrik pada 2035.

Carscoops membahas bahwa lini produknya akan berteknologi hybrid, plug-in hybrid, dan sepenuhnya bertenaga listrik. Tetapi tampaknya mereka tidak tertarik untuk mengembangkan teknologi ramah lingkungan seperti tenaga hidrogen yang digunakan oleh Honda Clarity, Toyota Mirai, Hyundai ix35, atau Mercedes-Benz F-Cell GLC.

Banyak yang berharap bahwa dalam waktu dekat Mazda bisa menampilkan kendaraan ramah lingkungan mereka berbasis teknologi hybrid. Mengingat ini bisa saja dikombinasikan dengan mesin rotary yang mereka andalkan.

Kemudian di 2021, Mazda akan bersaing di segmen plug-in hybrid setelah meluncurkan kendaraan listrik. Hal ini dijelaskan oleh Managing Executibe Officer for Powertrain Development Mazda, Ichiro Hirose, bahwa hal tersebut tidak bisa dihindari karena regulasi di pasar.

Lebih lanjut dijelaskan dalam dekat ini akan hadir mesin bensin yang sangat ramah lingkungan. 2019 akan jadi tahun kehadiran SkyActiv-X moniker.

Tidak ketinggalan juga rencana Mazda untuk mobil otonom atau tanpa pengemudi. Mobil otonom pertama Mazda diperkirakan hadir 2025, setelah pengujian yang mulai dilakukan pada 2020.


(UDA)