Kendaraan Listrik

VW Kombi 'Tanpa Setir' Mengaspal 2022

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 23 Aug 2017 07:39 WIB
mobil listrikautonomousvolkwagen
VW Kombi 'Tanpa Setir' Mengaspal 2022
Penampilan terbaru Volkswagen I.D. Concept Buzz dalam North American International Auto Show dii Detroit, AS. AFP PHOTO / SAUL LOEB

Metrotvnews.com: Hampir satu dekade terakhir Volkswagen berusaha keras 'menghidupkan' kembali produk legendarisnya, Kombinationskraftwagen atau yang akrab dipanggil Kombi. Besar harapan versi terbaru minibus yang para jamannya merupakan idola anak muda hippies tersebut dapat diterimari Generasi Z.

Setelah beberapa kali merancang dan memamerkan konsepnya dalam berbagai pameran otomotif terkemuka, akhir VW menyatakan kesiapannya. Akhir pekan lalu VW mengumumkan bahwa versi terbaru dan tercanggih Kombi akan dipasarkan di Tiongkok dan Amerika Serikat mulai 2022.

"Tujuan kami jelas: membuat mobil sepenuhnya bertenaga listrik dan terkoneksi yang kembali menjadi ikon global," kata Dr. Herbert Diess, ketua dewan komisaris Fiat Chrysle Automotive untuk merek Volkswagen, sebagaimana dikutip dari Fortune, Selasa (22/8/2017).

Sebagai moda transportasi bagi Generasi Z, sudah tentu fitur-fiturnya harus canggih tiada tara dan mesinnya sangat ramah lingkungan. Nama yang dipilih pun tidak lagi sepanjang Kombinationskraftwagen atau sejadul Microbus atau Transporter, tetapi I.D Buzz yang kesannya lebih futuristik.  

Uniknya siluet I.D. Buzz lebih mendekati generasi pertama Kombi yang agar bangir. Demikian juga penggunaan pintu tengah dengan kaca cendela ukuran lebar. Pun dimensi dan kombinasi tempat duduknya yang menyisakan 'living room' di baris tengah. Bedanya atapnya kini berupa sunroof yang sekaligus panel solarcell.

Ketika bila masuk ke kokpitnya, jangan sampai Anda mengajukan konyol seperti 'lho kok gak ada setirnya?" atau "aduh ini gimana cara nyetirnya?".



Betul sekali tidak ada lingkar kemudi di sana. Harap diketahui bahwa I.D. Buzz telah VW persenjatai dengan teknologi autonomous, artinya kendali mobil ditangani oleh perangkat penginderaan jarak dekat dan sensor canggih terkoneksi radar. Anda cukup memasukkan alamat tujuan dan sesekali mengoreksi arah atau kecepatan melalui tombol panah kiri dan kanan di monitor layar sentuh.

Sebuah monitor layar sentuh yang lebih besar ada di antara pengemudi dan penumpang depan. Melalui monitor itulah fitur-fitur canggih lainnya diaktifkan dan diatur. Termasuk menampilkan navigasi, radar, hiburan hingga mengatur koneksi dengan gadget para penumpangnya.



Sumber tenaganya bukan lagi mesin bakar, melainkan motor empat motor listrik yang masing-masing menggerakan sebuah rodanya. Gabungan empat motor listri ini bisa menghasilkan tenaga puncak sebesar 369 daya kuda. Arus listriknya dipasok baterei 150 kW yang hanya butuh waktu 30 menit untuk mengisinya hingga penuh.

"Bagi saya, I.D. Buzz adalah mobil listrik terindah dan paling menarik di dunia," ujar Diess.

Generasi pertama VW Kombi asli Tipe 1 memulai debutnya pada tahun 1950 dan baru 30 tenaga kuda. Popularitasnya mencapai puncak di AS berlangsungnya Perang Vietnam beberapa tahun kemudian. Generasi muda AS yang menolak ikut wajib militer memilih VW Kombi alias Samba alias Microbus alias Transporter untuk berkelana keliling negeri bersama sahabat-sahabatnya.

Di Indonesia populasi VW Kombi tergolong banyak. Sebagian besar adalah versi buatan Brazil yang hingga era '80 merupakan kendaraan dinas bagi banyak instansi pemerintahan. Mobil yang karena bentuknya dijuluki 'Roti Tawar' ini sangat populer di kalangan modifikator dan pengusaha food truck.

 


(LHE)