Industri Otomotif,

Ekspor All New Suzuki Ertiga & Nex II Dimulai

Ekawan Raharja    •    Senin, 22 Oct 2018 14:00 WIB
industri otomotifsuzuki mobil
Ekspor All New Suzuki Ertiga & Nex II Dimulai
Suzuki mulai melakukan ekspor untuk All New Ertiga dan Nex II. Medcom.id/Ekawan Raharja

Cikarang: Suzuki Indonesia terus memaksimalkan kapasitas produksi yang ada di Indonesia. Salah satu strateginya adalah mengirimkan All New Ertiga dan Nex II untuk pasar global.

President Director PT Suzuki Indomobil Motor (SIM), Seiji Itayama, kedua produk ini merupakan produk dari pabrik Suzuki di Cikarang dan Tambun. Strategi ini juga dinilai sejalan dengan rencana pemerintah untuk meningkatkan nilai ekspor.

"Dua produk ini merupakan karya anak bangsa yang dibuat di Cikarang dan Tambun dan telah menjadi produk global. Selain itu, peresmian ekspor ini merupakan dukungan terhadap kebijakan Pemerintah untuk meningkatkan ekspor dan memajukan perekonomian dalam negeri," ujar Seiji Itayama di Pabrik Suzuki Cikarang, Jawa Barat, Senin (22/10/2018).

Ekspor ini juga merupakan dukungan PT SIM atas rencana roadmap 4IR atau Revolusi Industri 4.0 yang dicanangkan Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian. Roadmap tersebut mengarahkan industri otomotif menjadi salah satu sektor penggerak ekonomi dalam negeri dengan perannya sebagai pemain terkemuka dalam kegiatan ekspor.

Berdasarkan roadmap tersebut juga, Suzuki telah mengambil langkah dengan menunjuk Indonesia sebagai pilar ketiga basis produksi mobil dan motor di dunia setelah Jepang dan India.

Selain itu, diberlakukan juga Suzuki Quality Policy yang memprioritaskan kepercayaan dan keamanan konsumen, serta lebih responsif pada pengembangan kualitas sumber daya manusia, manufaktur, dan pasar. Sehingga Suzuki diharapkan dapat menjadi merek yang dipercaya baik nasional maupun global.

Pengkapalan All New Ertiga diawali dengan ekspor 12.000 unit ke Meksiko, Filipina, dan 20 negara lainnya yang tersebar di benua Asia, Amerika Latin, dan Oseania. Ekspor ini melanjutkan tren ekspor Ertiga yang juga sudah dilakukan sejak 2013.

Sedangkan momentum ini digunakan Nex II sebagai penanda ekspor ke Filipina dalam bentuk CBU. Kemudian untuk kedepannya, Suzuki juga akan mengekspor NEX II dalam bentuk CKD ke Kamboja.

Saat ini, Suzuki telah mulai mengapalkan sebanyak 4.456 unit NEX II sejak Agustus 2018. Hingga Maret 2019, Suzuki menargetkan akan mengekspor 18.660 unit NEX II ke dua negara tersebut.

Langkah ekspor Suzuki juga dilakukan beberapa produsen mobil dan sepeda motor lainnya. Sebut saja Toyota dan Mitsubishi yang melakukan ekspor mobil, kemudian ada Honda, Yamaha, dan TVS yang menjadi basis produksi global sepeda motor.


(UDA)