Industri Otomotif

SUV Asal Tiongkok Merecoki Pasar Otomotif AS

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 01 Feb 2019 10:21 WIB
industri otomotif
SUV Asal Tiongkok Merecoki Pasar Otomotif AS
SUV Brilliance V7 untuk pasar otomotif AS. Carscoops

Amerika Serikat: Industri mobil di Tiongkok mengalami perkembangan yang sangat pesat sejak 1990-an. Negara yang berjuluk 'Negeri Tirai Bambu' ini telah menjadi pasar otomotif terbesar di dunia.

Maka tak heran jika produsen mobil Tiongkok berambisi untuk menguasai pasar otomotif dunia. Selain merambah Asia termasuk Indonesia, mereka juga menyasar benua Eropa dan Amerika Serikat yang jadi pusat industri otomotif dunia. 

Adalah Brilliance, salah satu pabrikan mobil Tiongkok yang baru-baru ini menjajal peruntungannya di pasar otomotif Amerika Serikat (AS), dengan memperkenalkan model terbaru mereka, yakni SUV Brilliance V7 seven seater/tujuh penumpang. 



Di negara asalnya SUV Brilliance V7 sudah lebih dulu beredar. Diberitakan Carsccops, tidak ada perbedaan Brilliance V7 yang Dijual di AS dan di Tiongkok. Interiornya pun terlihat sama dengan model yang ada, mempertahankan sistem infotainment bergaya portrait-style, mengadopsi milik Volvo dan Maserati.

Menilik tampilannya yang tertutup stiker kamuflase, Brilliance di AS akan mengisi segmen mid-sized SUV/SUV berukuran sedang, dengan desain fasia dan gril depan yang terlihat agresif dan sporty. Belum ada bocoran lebih detail tentang mesin Brilliance V7 untuk pasar AS.



Tapi diketahui, di Tiongkok kembarannya yang bernama Brilliance B7 mengusung mesin bensin empat silinder 1.6 liter turbocharged, yang diklaim mampu menghasilkan tenaga 204 daya kuda. Tenaga ini lahir dari transmisi manual enam percepatan, serta pilihan transmisi otomatis kopling ganda (dual-clutch) tujuh percepatan.

Menarik, selain mesin bensin, Brilliance juga mengembangkan mesin hybrid plug-in baru untuk jajaran mid-sized SUV-nya. Sebagai mitra BMW di Tiongkok, Briiliance telah mengumumkan rencananya untuk mengakuisisi lebih dari 50 persen usaha patungan/joint venture lokal mereka. Yaitu dua fasilitas pabrik di Tiexi dan Dadong.


(UDA)