Mobil Baru

Hyundai Nexo, Rival Toyota Mirai dan Honda Clarity

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 29 Mar 2018 10:15 WIB
mobil baruhyundai
Hyundai Nexo, Rival Toyota Mirai dan Honda Clarity
?Hyundai Nexo 2019. Carscoops

Korea: Hyundai mengumumkan telah memulai penjualan dan distribusi kendaran listrik berbahan bakar hidrogen (fuel cell electric vehicle/FCEV), Nexo, di kota Gwangju. Ini dilakukan Hyundai mengingat kota tersebut sedang menggenjot infrastruktur pengisian daya mobil tanpa emisi.

Pabrikan mobil Karea Selatan itu mengklaim, sebelum penjualan ritel dimulai, Hyundai Nexo mendapatkan sambutan yang baik dari konsumen karena dipesan sebanyak 1.061 unit pada periode pemesanan 19-26 Maret 2018. 

Bahkan pada hari pertama penjualan, sebanyak 733 unit Hyundai Nexo telah dipesan, kendati pabrikan itu baru akan mengumumkan harga resmi Nexo untuk pasar dunia pada peluncuran resminya. 

Untuk pasar Korea Selatan, pemerintah setempat berencana memberikan insentif untuk kendaraan berbahan bakar hidrogen itu. Kendaraan bebas emisi Nexo diklaim mampu menempuh jarak 609 kilometer hanya dalam lima menit pengisian hidrogen.

Hyundai Nexo dilengkapi motor listrik bertenaga 163PS (161hp) dan torsi 395Nm (291lb-ft) torsi. Diperlukan 9.2detik untuk akselerasi dari 0-100 km per jam, dengan kecepatan tertinggi 179 km per jam. Hyundai mengklaim, Nexo bakal mejadi rival langsung dari Toyota Mirai dan Honda Clarity

"Kami menyaksikan hari bersejarah, karena teknologi fuel cell sedang dikomersialisasikan dalam jumlah besar."Dengan awal yang positif ini, kami akan melanjutkan upaya kami di pasar luar negeri untuk mendukung pengembangan pasar kendaraan fuel cell yang baru berkembang." kata Wakil Presiden Eksekutif Hyundai untuk Divisi Operasi Global, Byung Kwon Rhim, seperti dikutip Carscoops.


(UDA)