Mobil Baru

Pabrik Datsun Indonesia Mulai Produksi Cross

Ekawan Raharja    •    Kamis, 01 Feb 2018 07:25 WIB
mobil barudatsun
Pabrik Datsun Indonesia Mulai Produksi Cross
Datsun Cross mulai masuk jalur produksi. Medcom.id/Ekawan Raharja

Jakarta: Datsun mulai memproduksi Cross di pabriknya yang terletak di Purwakarta, Jawa Barat. Pabrik ini menjadi yang pertama dan satu-satunya hingga saat ini yang memproduksi Cross di dunia.

Vice President Manufacturing PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Fumitoshi Yoshikawa, menjelaskan Cross akan di produksi dengan menerapkan sistem produksi global Nissan yakni Nissan Production Way. Sehingga produk yang lahir akan memiliki kualitas pengerjaan yang sama dengan produk-produk Nissan.

"Di balik setiap mobil Cross adalah kerja keras dan dedikasi tinggi untuk memastikan kualitas manufaktur yang bermutu tinggi. Saya mengapresiasi hasil kerja keras ribuan karyawan di pabrik ini dan juga di jaringan pemasok kami, sehingga Cross bisa mulai diproduksi," ujar Fumitoshi Yoshikawa melalui keterangan resminya.

"Cross resmi mulai di produksi untuk pelanggan Indonesia dengan pengiriman pertama pada Maret nanti,", sambung Presiden Direktur PT NMI Eiichi Koito.

Diakui oleh Koito kalau mini crossover ini dikembangkan dengan melihat karakteristik masyarakat dan kondisi jalanan Indonesia. Sehingga memiliki ground clearance mencapai 200 mm, body cladding dan perlindungan di bawah mobil untuk melindungi dari lumpur serta pecahan batu.

Nantinya mobil berkonfigurasi tujuh penumpang ini dibekali mesin berkubikasi 1.200 cc dengan torsi 104 nm. Hanya saja tipe transmisi manual lima percepatan memiliki tenaga 68 daya kuda, sedangkan untuk transmisi continuously variable transmission (CVT) memiliki tenaga 78 daya kuda.

Fitur yang baru disematkan di Cross adalah vehicle dyanamic control (VDC) untuk semua varian. VDC ini mencakup anti-lock brakes (ABS), electronic brake distribution (EBD), brake assist (BA), traction control, brake-limited slip differential (B-LSD). Kemudian Cross juga dilengkapi dengan dual-airbag untuk penumpang baris depan dan pengemudi.

Hingga saat ini Datsun masih belum mengeluarkan harga pasti untuk Cross. Mereka masih mematok harga kisaran mulai dari  Rp163 juta untuk tipe manual dan Rp175 juta untuk CVT.


(UDA)