Peristiwa Unik

Pengusaha di Tiongkok Bayar DP Mobil Pakai Uang Koin

M. Bagus Rachmanto    •    Minggu, 31 Dec 2017 11:49 WIB
peristiwa unik
Pengusaha di Tiongkok Bayar DP Mobil Pakai Uang Koin
Seorang pria di Tiongkok membeli mobil BMW dengan uang logam. BMW

Tiongkok: Pembelian mobil yang dilakukan seorang pengusaha asal Tiongkok ini terbilang unik, yakni dengan membayar uang muka/down payment (DP) menggunakan uang koin. 

Dilansir Carscoops, pengusaha yang tidak disebutkan namanya itu mendatangi dealer BMW pada 18 Desember 2017 untuk membeli sebuah mobil. Setelah melakukan persetujuan, si konsumen ini langsung membayar uang DP dengan uang koin.

Tidak disebutkan model BMW yang dibelinya dan berapa banyak jumlah kepingan koin yang diserahkan. Namun yang pasti hal itu cukup membuat repot pegawai dealer karena harus menghitung jumlah koin secara manual selama berjam-jam senilai USD11 ribu atau sekitar Rp148 juta.

Menarik, menurut laporan Carscoops, pengusaha tersebut membayar uang muka dengan koin pecahan lima mao (5p), yang telah dikumpulkannya selama beberapa tahun. 

Syukurlah, pegawai dealer tidak harus menghitung uang sisa pelunasan mobil, karena sisanya sebesar USD50 ribu atau sekitar Rp675 juta dibayar dengan cara yang lebih konvensional.

Hal serupa juga pernah terjadi di Indonesia. Setiadi, warga Depok membeli sepeda motor senilai Rp33 juta dengan uang koin satu ember. Setiadi mengumpulkan uang koin pecahan seribu rupiah tersebut selama lima tahun. 




(UDA)