Mobil Baru

Adu Irit New Brio dan New Mirage

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 09 Nov 2016 12:26 WIB
mobil baru
Adu Irit New Brio dan New Mirage
Konsumsi BBM New Brio dan New Mirage diklaim sama-sama irit. MTVN/M. Bagus Rachmanto.

Metrotvnews.com, Jakarta: Beberapa pabrikan menjadikan efisiensi konsumsi bahan bakar sebagai modal utama penjualan city car. Cara itu ternyata berhasil. Buktinya, tren penjualan segmen city car mengalami peningkatan. 

Jika dilihat berdasarkan kelas yang seimbang, persaingan sengit di segmen ini masih didomnasi oleh Honda Brio RS dan Mitsubishi New Mirage. Keduanya memiliki kapasitas mesin 1.200cc dan tersedia dalam pilihan transmisi CVT dan manual.

Belum lama ini, kedua brand tersebut juga telah melakukan uji irit konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM). Hasilnya, konsumsi BBM New Brio tembus 28,9 km liter. Sedangkan New Mirage tembus 24 km per liter.

Untuk New Brio, sesi pengujian dilakukan dalam jalur kombinasi bebas hambatan (tol) dan jalan nontol sesuai dengan penggunaan sehari-hari. Tipe yang digunakan adalah bertransmisi otomatis yaitu Satya AT dan Brio RS dengan jarak tempuh 55,5 km

Sedangkan pengujian New Mirage pengujian dilakukan oleh LEMTEK UI menggunakan New Mirage varian Exceed (2 unit), GLS (1 unit) dan GLX (1 unit). Jalur uji coba meliputi jalan perkotaan, luar kota, dan jalan berbukit dengan rute Jakarta-Ciawi-Puncak-Bandung, dan Purwakarta sejauh 407 kilometer.

Apapun hasilnya, tiap pabrikan sudah selayaknya melakukan pengujian terhadap produknya. Tidak hanya untuk membuktikan keunggulan produk. Hal itu juga untuk dapat menunjukkan kepada konsumen mengenai kekurangan dan kelebihan produknya. Dengan begitu, konsumen dapat memilih yang sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan.


(HIL)