Tematis Aki

Kenali Jenis Aki Mobil, Sebelum 'Meminangnya'

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 26 Sep 2016 11:00 WIB
tips knowledge
Kenali Jenis Aki Mobil, Sebelum 'Meminangnya'
Kenali jenis aki sebelum membeli. Slickskills

Metrotvnews.com, Jakarta: Ragam pilihan produk aki untuk kendaraan bermotor saat ini lebih bervariasi, mulai dari spesifikasi, kapasitas, dan harga yang ditawarkan. Sebelum menentukan jenis aki yang tepat untuk kendaraan, ada baiknya jika Anda mengetahui jenis aki yang beredar di pasaran.

Mekanik bengkel Pit Stop di bilangan Jakarta Timur, Toha, menjelaskan bahwa semua aki yang ada di pasaran menggunakan air aki, yang isinya cairan elektrolit (H2SO4). Tapi masyarakat banyak yang mengasumsikan jika aki kering tidak menggunakan cairan.

"Yang disebut aki basah adalah kita bisa mengisi sendiri air akinya yang ada lubang pengisiannya. Saat membeli aki baru biasanya toko menawarkan untuk diisi langung atau dilakukan sendiri oleh konsumen. Sedangkan yang disebut aki kering, cairan akinya sudah langsung diisi dari pabrik, dan tidak ada lubang pengisiannya," jelas Toha.

Jenis aki yang ada dan beredar di pasaran saat ini adalah aki basah atau yang disebut aki konvensional, aki Maintenance Free (MF), aki hybrid, dan aki MF AGM (Absorbant Glass Mate). Menurutnya, yang membedakan hanya cara perawatan, kapasitas, termasuk harga karena berpengaruh terhadap kualitas material yang digunakan.

Aki Basah adalah jenis yang harus mendapatkan perawatan rutin dan secara berkala, mulai dari volume air aki, kondisi cairan dalam wadah dan pengecasan secara berkala. Seperti namanya, aki MF jenis aki yang bebas perawatan, karena air aki diisi langsung dari pabrik. Inilah yang diikenal dengan istilah aki kering, dan dapat langsung digunakan tanpa perlu mengisi ulang air aki. Biasanya aki ini punya indikator untuk pengecasan.

Kemudian ada aki Hybrid, yang merupakan gabungan antara aki konvensional dan aki MF. Meski diperlukan pengisian carian aki dan pengecasan aki, namun kekuatannya lebih baik dan awet dibandng aki konvensioanal. Terkahir Aki MF AGM (Absorbant Glass Mate), jenis ini hampir sama dengan aki MF, namun adanya teknologi AGM membuat air aki terperangkap dalam separator khusus. Kedua jenis ini termasuk yang ramah lingkungan.

Kata Toha, bagi yang memiliki hobi mobil off road disarankan menggunakan aki jenis MF AGM, karena punya daya tahan dan kekuatan lebih baik dibanding yang lain. Dan terpenting, meskipun di posisi miring aki ini bisa tetap bekerja sebagaimana mestinya.

Baca Juga Artikel Sebelumnya:
Kenali Perbedaan Aki Basah dan Aki Kering


(UDA)