Test Drive

Uji Peforma Calya Malang-Surabaya

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 20 Sep 2016 13:36 WIB
toyota
Uji Peforma Calya Malang-Surabaya
Menguji performa Toyota Calya di jalan berkontur Surabaya-Malang. TAM

Metrotvnews.com, Malang: Kemunculannya sejak Agustus lalu, membuat penasaran sebagian orang akan performa mobil LCGC, yang bermain di segmen low MPV ini. Meski beberapa saat lalu kami sudah melakukan uji coba singkat versi standar dan versi modifikasi, namun kali ini kami akan melakukan sesi tes lebih panjang. di jalan raya,

Untuk menghilangkan rasa penasaran tersebut, pada hari ini, Selasa (20/9/2016), kami menjajal langsung kemampuan Toyota Calya melibas jalur Malang-Surabaya. Sudah pasti kami akan melalui karakter jalan tanjakan dan turunan di perkotaan.

Sebagai gambaran awal, proses pengetesan ini, dibagi dengan grup 4 orang per mobil. Tentunya dengan beberapa barang bawaan di bagasi. Jadi tidak menggunakan konfigurasi 7 penumpang, tapi mengambil bobot pertengahan. Tujuannya untuk mengetahui kelincahan dan kemampuannya bermanuver dengan jumlah penumpang seperti itu.

Toyota mengklaim, kalau mobil entry level-nya ini punya sejumlah kelebihan. Mesin 1.200 cc yang digendongnya, diklaim masih cukup responsif di putaran tengah ke atas. Kemudian desain bodi yang modern, fitur terlengkap di kelasnya, kabin yang luas dan lega, nyaman, hemat BBM, dan harga terjangkau.

Selain itu, pengaplikasian teknologi drive by wire di Calya juga diklaim meningkatkan efisiensi penggunaan komponen. Itu disebabkan karena tak lagi menggunakan komponen tradisional seperti pompa power steering, kolom setir,  selang, minyak rem, booster dan master rem.

Jika melihat semua kelebihan ini, maka ekspektasi tinggi pastinya lebih besar dari rivalnya yaitu Datsun Go+ Panca. Tapi apapun bisa terjadi saat perjalanan nanti. Termasuk kenyamanan dan semua hal tentang performanya secara keseluruhan.

Apakah Calya bisa mendekati kesempurnaan sebagai sebuah Low MPV, seperti namanya yang diambil dari bahasa sansekerta? Kita lihat saja nanti.


(UDA)