Teknologi Otomotif

Kawin Silang MPV dan SUV Sudah Lumrah

Ekawan Raharja    •    Selasa, 28 Nov 2017 14:17 WIB
teknologi otomotif
Kawin Silang MPV dan SUV Sudah Lumrah
Sekarang ini sudah banyak mobil yang menggabungkan konsep MPV dan SUV. Honda

Bogor: Sekarang tren otomotif di Indonesia sedang ramai mengenai kawin silang antara multi purpose vehicle (MPV) dan sport utility vehicle (SUV). Hal ini sudah terhitung lumrah karena saat ini pasar masih dikuasai oleh MPV dan SUV.

Sebagai contoh MPV terbaru dari Mitsubishi, Xpander, diklaim memiliki DNA dari SUV. Kemudian SUV terbaru dari Astra Group, Toyota Rush dan Daihatsu Terios, tampil lebih mirip dengan gaya MPV. Sedangkan Honda memiliki BR-V yang secara desain juga sedikit banyak mencerminkan MPV karena menggunakan basis yang sama dengan Honda Mobilio.

Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy, menganggap hal tersebut sudah lumrah. Hal ini karena desain disesuaikan kondisi pasar.

"Sudah lama sebenarnya (MPV dan SUV), karena pabrik melakukan survey dahulu setelah itu baru dibuat desain. Setelah itu murni MPV atau SUV, tapi sekarang trennya crossover HRV dan BR-V sudah menuju ke sana bentuknya," ujar Jonfis di Sirkuit Internasional Sentul Bogor.

Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Yoshihiro Nakata, juga mengamini bahwa permintaan pasar seperti itu. Sehingga untuk Rush terbaru kental dengan nuansa SUV.

"Untuk desain 7 seater kami lakukan berbagai survey dan masa depan model ini. 7 seater yang diminati konsumen karena kebutuhannya," bebernya di Westin Hotel Jakarta.

Jika melirik data dari Gaikindo, mobil dengan gaya MPV dan SUV masih menjadi primadona masyarakat Indonesia. Hal ini dilihat dari pangsa pasar MPV yang mencapai 31,6 persen dan SUV mencapai 15,4 persen.


(UDA)