Industri Otomotif

Pabrik Wuling Motors Siap Pakai Standar Euro4

Ekawan Raharja    •    Kamis, 07 Jun 2018 06:38 WIB
industri otomotifwuling motors
Pabrik Wuling Motors Siap Pakai Standar Euro4
Pabrik Wuling Motors sudah siap untuk menghadapi Euro4 per Oktober 2018. Wuling Motors

Jakarta: Wuling Motors kini sedang ancang-ancang untuk menuju Euro4. Hal ini tidak terlepas dari regulasi pemerintah yang memerintahkan produksi mobil per Oktober 2018 harus sudah berstandar Euro4.

Brand Manager Wuling Motors, Dian Asmahani, memastikan kalau pabrik mereka yang berada di Cikarang, Jawa Barat sudah siap untuk standar emisi Euro4. Hanya saja untuk detail perubahan yang akan dilakukan oleh pabrik dia harus memeriksakan dulu kepada pabrik.

"Pastinya ada perubahan, terutama di investasi tambahan. Saya mesti cek tapi yang jelas dari sisi manufaktur ada perubahan," ujar Dian pada Selasa (6/6/2018) di The Terrace Jakarta.

Dian mengakui kalau saat ini, pabrik Wuling Motors di Indonesia masih memproduksi Confero dan Cortez berstandar Euro2. Memulai produksi dengan standar Euro4 akan dilakukan setelah mendapatkan peraturan dengan jelas dan mengikuti regulasi dari pemerintah.

Soal harga pun ada kemungkinan akan terjadi penyesuaian. Hanya saja besaran kenaikan sedang di studi dan akan diumumkan kelak.

"Lagi di studi mengenai harga, apakah sama dengan sekarang atau bakalan naik. Karena harus mengukur cost produksi dari sisi manufakturing. Masih dihitung, masih ada empat bulan lagi," sambung Dian.

Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengeluarkan peraturan Nomor P.20/MENLHK/SETJEN/-KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O atau mengenai standar emisi Euro4. Aturan ini rencananya akan mulai berlaku untuk bbm bensin pada 7 Oktober 2018.


(UDA)