Mobil Nasional

Vietnam Bikin Mobil Nasional, Indonesia Masih Godok Regulasi

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 06 Sep 2017 10:23 WIB
mobil nasional
Vietnam Bikin Mobil Nasional, Indonesia Masih Godok Regulasi
(Ilustrasi) Suasana perakitan mobil di pabrik Honda, Thailand. Paultan

Metrotvnews.com: Jika Indonesia masih ribut-ribut soal mobil nasional yang tak jelas rimbanya, maka Vietnam sudah menetapkan langkah pasti. Sebuah hal yang cukup mengejutkan, dan mereka pun akan membangun pabrik untuk merakit mobil tersebut.

Dituliskan Reuters, Vingroup, developer properti di Vietnam sudah memulai konstruksi pabrik yang menelan biaya hingga 1,5 milyar dollar Amerika. Vingroup sudah menandatangani kesepakatan dengan Credit Suisse, untuk dana tambahan 800 juta dollar.

Vingroup menyampaikan harapannya untuk menjadi pabrikan mobil paling baik di ASEAN. Membuat 500 ribu unit mobil hingga tahun 2025. Ini artinya akan ada 100 hingga 200 ribu unit yang diproduksi tiap tahunnya.

Mobil nasional Vietnam ini akan hadir dengan berbagai jenis, mulai dari sedan, SUV dengan tujuh kursi serta sebuah motor bertenaga listrik. Juru bicara Vingroup mengatakan dalam 12 bulan akan muncul motor listrik pertama, lalu 24 bulan mobil pertama dari pabrik yang berlokasi di Haiphong.

Untuk mempercepat hadirnya mobil nasional, mereka akan membeli blueprint mesin dan sistem mekanikal utama mobil dari pabrikan ternama Eropa dan Amerika. 

Kelak Vietnam akan menyusul Malaysia yang juga sudah memiliki mobil nasional mereka yakni Proton. Lalu kapan Indonesia akan mengikuti jejak kedua negara ini?


(UDA)