Industri Otomotif

Volkswagen Perancis Palsukan Data Penjualan?

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 03 Jul 2017 11:51 WIB
volkswagen
Volkswagen Perancis Palsukan Data Penjualan?
Data penjualan palsu di Prancis selisihnya mencapai 800 ribu unit mobil. Autoblog

Metrotvnews.com: Pabrikan mobil asal Jerman, Volkswagen, kembali menemukan masalah. Kali ini masalah internal, yakni cabang mereka di Perancis memalsukan laporan data penjualan kepada kantor pusat mereka di Jerman.

Hal ini sudah dilakukan sejak 2010 lalu agar pusat melihat performa penjualan mobil yang bagus di Perancis, seperti dituliskan Der Spiegel. Hal ini diketahui dari internal auditor Volkswagen sendiri.

Sang auditor menemukan sejumlah angka yang ganjil berdasarkan data registrasi kendaraan. Disebutkan ada selisih mobil yang terjual sebanyak 800 ribu unit sejak 2010.

Mobil-mobil yang dipalsukan laporan penjualannya termasuk merek di bawah Volkswagen Group seperti Audi, Skoda dan Seat. Juru bicara Volkwagen di kantor pusat mereka di Wolfsburg, Jerman enggan menanggapi artikel dimaksud.

Pabrikan Jerman ini sedang menjalani masa-masa sulit, sejak merebaknya kasus skandal emisi mesin diesel yang dikenal dengan Dieselgate. Mereka harus menggelontorkan dana besar untuk memperbaiki atau membeli kembali mobil diesel yang sudah terjual.


(UDA)