Komponen Otomotif

Produsen Ban Mulai Bersaing di Segmen Mobil Komersial

Ekawan Raharja    •    Senin, 16 May 2016 13:10 WIB
michelin
Produsen Ban Mulai Bersaing di Segmen Mobil Komersial
Michelin Indonesia hadirkan produk baru dan brand baru untuk segmen kendaraan komersial. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com, Jakarta: Segmen mobil komersial adalah segmen yang sedang naik daun di 2016. Tak heran jika produsen ban juga mulai konsen di segmen tersebut. Michelin sebagai pemain di industri karet bundar, pun mulai memperbanyak pilihan untuk tipe kendaraan tersebut. Mereka memperkuat merek dan penjualan di Indonesia dengan beragam strategi.

Strategi pertama adalah meluncurkan XZY 3 Heavy Duty (HD) dan XYD 3 HD. Kedua produk ini dikhususkan untuk kendaraan komersial di segmen heavy duty atau truk berbobot berat atau alat berat.

"Pertumbuhan pasar kendaraan komersil di Indonesia memberikan peluang yang semakin luas bagi pelaku bisnis di industri ban. Tentunya akan sayang untuk dilewatkan. Makanya kami turun langsung dengan memasarkan dua produk terbaru ini," terang Direktur Komersil ban Truk dan Bus PT Michelin Indonesia, Sylvain Selves, pada Senin (16/5/2016) di Holiday Inn, Kemayoran, Jakarta.

Kedua produk ini mereka klaim lebih aman, kuat, dan efisien berkat suhu compound yang lebih rendah, hambatan ulir rendah, desain casing yang bundar, tambahan lapisan crown, dan desain bead dibuat lebih besar. Sedangkan untuk XDY 3 HD memiliki kedalaman tapak lebih 4mm untuk menahan beban kendaraan.

Strategi kedua adalah membawa merek BFGoodrich ke Indonesia. Pada perkenalan perdana di Indonesia ini memperkenalkan Cross Control 7.50 R16 dan Cross Control 10.00 R20.

"Ban BFGoodrich ini adalah yang pertama kali hadir secara resmi di Indonesia, dan bahkan pertama di Asia. Saat ini mungkin hanya untuk truk dan bus, kedepannya akan ada untuk kendaraan penumpang," ujar Sylvain Selves.


(UDA)