Transportasi Umum

Angkutan Roda Tiga, Masih jadi Solusi Transportasi Perkotaan

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 16 Sep 2016 11:28 WIB
transportasi
Angkutan Roda Tiga, Masih jadi Solusi Transportasi Perkotaan
Pengemudi bajaj menunggu penumpang. MI/Atet Dwi Pramadia

Metrotvnews.com, Jakarta: Kota dengan populasi besar seperti Jakarta jelas membutuhkan sarana transportasi yang memadai. Ibukota saat ini sudah memiliki banyak pilihan moda transportasi seperti kereta, bus, taksi, ojek dan banyak lagi.

Namun angkutan lingkungan roda tiga dikabarkan bakal dihapus, padahal masyarakat masih membutuhkannya. Hal ini dikatakan Darmaningtyas dari Insitute of Transportation Studies dalam kopi darat Forum Wartawan Otomotif (Forwot) di Bangi Kopi, Pasar Minggu, Jakarta sore kemarin (15/9/2016).

Dalam acara yang mengangkat tema "Menata Transportasi Jakarta, Menelisik Peran Angkutan Lingkungan: Studi Kasus Angkutan Roda Tiga", Darmaningstyas mengatakan transportasi jenis ini sangat membantu masyarakat untuk jarak dekat.

"Keberadaannya harus dilihat dari fungsi, bukan dari fisiknya. Saya juga berharap angkutan ini bisa lebih berkualitas seperti halnya di India, disana bajaj sudah pakai AC dan ada Wifi. Tak menutup kemungkinan kita lakukan hal sama, tergantung pemerintah menyikapinya," paparnya.

Organisasi Angkutan Darat (Organda) DKI Jakarta berencana mengubah angkutan rod atiag menjadi roda empat, dengan tujuan moda transpotasi ini mampu memenuhi undang-undang lalu lintas dan angkutan jalan. "Tapi Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tak setuju dan menilai tidak efektif dalam mengatasi kemacetan di Jakarta," lanjutnya. 

Saat ini ada sekitar 14.200 unit bajaj di DKI Jakarta saja, dengan status kepemilikan koperasi atau perorangan. Harga unit bajaj saat ini terbilang tinggi Rp70-Rp120 jutaan, ini yang membuat setoran dan biaya sewanya terbilang tinggi.


(UDA)