Teknologi Otomotif

Volkswagen Patenkan Teknologi Adaptive Self Driving

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 26 Sep 2016 09:25 WIB
volkswagen
Volkswagen Patenkan Teknologi <i>Adaptive Self Driving</i>
Volkwagens patenkan fitur baru mobil otonom adaptive self driving

Metrotvnews.com: Volkswagen telah mengajukan permohonan paten di Jerman, untuk penggunaan teknologi mengemudi otonom baru, yaitu adaptive self driving. Teknologi ini memungkinkan pengemudi memasukan (input) data tanpa harus melepaskan diri dari mode self driving.

Fitur utama dari teknologi ini adalah kontrol sentuh yang sensitif di atas gear knob shift, yang memungkinkan pengemudi untuk input petunjuk ke drive secara otomatis. Pengemudi cukup menggesekkan atau menekan icon perintah pada layar kecil yang merupakan perangkat sentuh yang sensitif.

Teknologi self driving ini akan meminta pengemudi memasukan data dalam situasi tertentu juga. Misalnya, jika tiba-tiba ada mobil yang masuk jalur dan bergerak lambat di depan, maka komputer akan meminta pengemudi untuk menyalip atau tetap berada di jalur. Jika ingin menyalip, maka layar sentuh kecil akan menampilkan tombol tekan.

Paten yang diajukan oleh Volkswagen menunjukkan, berbagai perintah fitur self driving dapat di-input pengemudi hanya dengan cara menggerakan/menggesekkan tangan dengan cara yang berbeda. Seperti, melepaskan mode self driving dengan meletakan telapak tangan di atas tombol gear shift.

Belum diketahui kapan teknologi ini dipasangkan dalam kendaraan Volkswagen Group. Tapi dapat dipastikan ini akan menjadi teknologi self driving, sebagai transportasi otonom di masa depan.


(UDA)