Regulasi Lalu Lintas

Raja Salman Izinkan Perempuan Berkendara

Ekawan Raharja    •    Rabu, 27 Sep 2017 17:00 WIB
lalu lintasregulasi otomotif
Raja Salman Izinkan Perempuan Berkendara
Per Juni 2018, wanita di Arab Saudi diperbolehkan mengemudikan mobil. AFP/ Fayez Nureldine

Metrotvnews.com: Arab Saudi mungkin satu-satunya negara yang masih melarang perempuan untuk mengemudikan mobil. Namun kabar baiknya dalam waktu dekat, kaum hawa di negeri padang pasir tersebut bakal boleh duduk di depan lingkar kemudi.

Hal ini langsung diputuskan oleh Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud, kepada otoritas setempat. Hanya saja aturan baru ini baru akan dilaksanakan pada Juni 2018.

Sebelum ditetapkan, pria yang baru-baru ini berkunjung ke Indonesia itu meminta sebuah badan khusus dibentuk dalam 30 hari ke depan. Badan khusus ini bertugas untuk melakukan riset dan memberikan masukan sebelum wanita diperbolehkan mengemudi sepenuhnya.

Badan ini juga harus memastikan bahwa tidak ada peraturan Islam yang dilanggar akibat diterapkannya peraturan baru tersebut.

Rencana ini tentu disambut baik oleh para aktivis wanita yang mengingkan wanita boleh untuk mengemudi mobil. Perjuangan mereka selama 25 tahun akhirnya bisa berbuah manis.

"Ini adalah sebuah hari bersejarah, dam saya tidak bisa menemukan kata yang tepat untuk mengekspresikan perasaan saya dan perasaan ratusan wanita di Arab Saudi," ujar anggota dewan syuro, Latifa al-Shaalan, seperti dikutip dari Reuters.


(UDA)