Industri Otomotif

Honda HR-V dan Toyota Rush Adu Kuat Segmen Low SUV

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 25 Aug 2017 15:26 WIB
toyotahonda mobil
Honda HR-V dan Toyota Rush Adu Kuat Segmen Low SUV
Honda HR-V saat serah terima konsumen pertama. MTVN/A. Harry Budiawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Toyota Rush bersama Daihatsu Terios sempat menjadi penguasa segmen Low SUV sejak beberapa tahun terakhir. Duet mobil kembar Toyota-Daihatsu ini pertama kali muncul tahun 2006 dan menjadi pilihan masyarakat.

Tapi kini mereka mulai tergusur dari status penguasanya, Honda HR-V (1500cc) menjadi raja baru segmen ini. Mobil racikan Honda ini menawarkan desain yang lebih stylish.

Desain kotak dan macho dari Rush dan Terios tak banyak berubah sejak awal kemunculannya. Toyota sempat mengatakan desan Rush tak banyak berubah karena penyuka SUV berbentuk kotak seperti ini masih banyak.

Namun jika menilik data penjualan bulan Juli, konsumen dimaksud masih ada namun tak sebesar tahun-tahun sebelumnya. Berdasarkan data Gaikindo, khusus bulan Juli saja Rush terdistribusi 1.541 unit saja pada Juli, dengan total 12.567 unit sepanjang tahun ini.

Terios lebih sedikit penjualannya ketimbang kembarannya. Mobil ini terdistribusi sebanyak 676 unit bulan Juli, atau total 8.316 unit sepanjang tahun ini.

Sedangkan HR-V terdistribusi sebanyak 1.615 unit pada Juli saja, atau tembus 20.709 unit sepanjang tahun ini. Memang masih ada sisa beberapa bulan lagi sebelum tutup tahun, namun menilik dari angka penjualan total, Honda akan jadi penguasa baru disegmen ini.

Diluar tiga besar itu, ada Suzuki SX4 dengan total 2.256 unit, Chevrolet Trax 1.025 unit, pemain baru Mazda CX-3 dengan total 467 unit dan pemain lama Nissan Juke yang hanya terdistribusi 138 unit saja. Semuanya berdasarkan data distribusi sepanjang tahun 2017 (Januari-Juli).


(UDA)