Komponen Otomotif

Produsen Komponen Bakal Target Panitia Pameran Otomotif Daerah

Ahmad Garuda    •    Rabu, 10 May 2017 13:42 WIB
komponen otomotif
Produsen Komponen Bakal Target Panitia Pameran Otomotif Daerah
Penyelenggara pameran otomotif daerah, siap gandeng produsen komponen lokal. MTVN/Ahmad Garuda

Metrotvnews.com, Makassar: Produsen komponen lokal di pameran otomotif nasional, memang belum banyak mendapatkan tempat atau mungkin dilibatkan. Padahal mereka juga memainkan kekuatan tersendiri dalam industri otomotif terutama komponen non orisinal.

Menurut Direktur One Event, Yusuf Karim Ungsi yang merupakan panitia penyelenggara pameran otomotif GIIAS Makassar Auto Show 2017, bahwa mereka produsen komponen lokal posisinya cukup penting. Bahkan mereka juga memainkan peran penting, terkhusus bagi penggemar modifikasi atau orang-orang yang mencari standar komponen dengan harga yang lebih terjangkau.

"Kami tahu, posisi mereka juga sangat penting. Makanya kami akan menyasar mereka untuk penyelenggaraan pameran berikutnya. Tapi untuk saat ini kami sudah mengikut sertakan mereka yang yang gemar melakukan modifikasi mobil. Paling tidak mereka juga kalau modifikasi mobil, kadang-kadang ada komponen yang mereka buat sendiri. Ini adalah masukan besar bagi kami," klaim Yusuf.

Tidak berbeda anggapan dengan Yusuf, Staf Ahli I Gaikindo, Freddy Sutrisno menegaskan bahwa produsen komponen lokal itu penting. Termasuk bagi mereka yang ingin mencari alternatif komponen non genuine namun punya kualitas oke.

"Mereka kan kadang-kadang membuat sesuatu yang kualitasnya tidak jauh berbeda dengan komponen genuine. Kalau begini kan jadi alternatif bagi mereka yang mungkin mengalami masalah pada kendaraannya dan belum sanggup membeli komponen genuine-nya. Jadi saya rasa ini bakal jadi pertimbangan yang cukup besar bagi penyelenggara agar melibatkan mereka," klaim Freddy.

Namun penyelenggaraan GIIAS di daerah bukan tidak pernah menggandeng produsen komponen lokal. Buktinya saat pelaksanaan GIIAS Surabaya Auto Show 2015 silam. Penyelenggara pameran tersebut, melibatkan asosiasi produsen komponen otomotif lokal di sana. Bahkan mereka diberikan ruang khusus untuk show, persis di samping gerbang masuk pameran. Ini juga sekaligus jadi peluang besar bagi pengusaha B2B (business to business) untuk mengembangkan jaringannya khusus di penjualan aksesoris dan komponen otomotif.


(UDA)