Lalu Lintas

Persiapan Mudik, Jasa Marga Tambah Gerbang Tol Cikarang Utama

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 25 May 2017 13:10 WIB
lalu lintas
Persiapan Mudik, Jasa Marga Tambah Gerbang Tol Cikarang Utama
Jasa Marga siapkan sejumlah strategi antisipasi arus mudik Lebaran 2017. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Mengantisipasi kepadatan antrean transaksi di gerbang tol (GT) Cikarang Utama (Cikarut) pada puncak arus mudik lebaran 2017, Jasa Marga berencana meningkatkan kapasitas gardu operasi.

Menurut Deputy General Manager Toll Collections Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek, Yoga Trianggoro, GT Cikarut yang ke arah Cikampek akan menambah kapasitas gardu operasi. Dari 13 gardu menjadi 20 gardu, yang terdiri dari gardu reguler, gardu satelit dan gardu reversible.

Yoga memprediksi, volume kendaraan yang melalui GT Cikarut pada puncak arus mudik H-3 mencapai 120 ribuan kendaraan, atau naik sekitar 53 persen dari kondisi normal. Sementara untuk arus balik yang diperkirakan erjadi H+6, volume kendaraan diprediksi meningkat hingga 46 persen dari kondisi normal.

GT Cikarut juga bakal menyiapkan 87 orang tenaga bantuan untuk arus mudik, sebagai petugas jemput kendaraan (JKR) di semua lajur. Petugas ini nantinya akan membagikan Kartu Tanda Masuk Elektronik (KTME) kepada pengguna jalan tol dan juga membantu para pengguna jalan tol yang bertransaksi menggunakan E-Toll.

Tidak hanya itu, Jasa Marga juga telah menyiapkan rencanan pengalihan kendaraan pada saat volume kendaraan sangat tinggi, dan menyebabkan stagnasi di gerbang tol. Nantinya pengguna tol akan diarahkan untuk keluar di GT Cikarang Barat 3 dengan 7 gardu operasi dan putar balik kembali menuju Cikampek melalui GT Cikarang Barat 1. 

"Kami optimis bahwa langkah-langkah tadi bisa mengantisipasi kepadatan, karena dengan adanya penambahan kapasitas gerbang tol, serta koordinasi dengan ruas tol sebelum dan setelah Jakarta-Cikampek, load kendaraan diharapkan dapat terdistribusi dengan baik." 


(UDA)