Pasar Otomotif Nasional

Peminat Mobil Transmisi Manual Kian Turun

Ahmad Garuda    •    Rabu, 05 Jul 2017 07:28 WIB
industri otomotif
Peminat Mobil Transmisi Manual Kian Turun
Peminat mobil bertransmisi manual semakin menurun.

Metrotvnews.com, Jakarta: Peminat mobil bertransmisi manual, makin hari semakin menurun. Percaya atau tidak, tapi inilah kenyataan yang ada khususnya di pasar otomotif nasional. Hal ini dikonfirmasikan beberapa agen pemegang merek melalui dealer mereka, salah satunya Auto2000 main dealer Toyota.

Mayoritas permintaan kendaraan roda empat di pasar nasional sudah lebih banyak untuk mobil bertransmisi otomatis. Tapi ini berlaku untuk segmen passenger car atau mobil berpenumpang. Sementara untuk mobil komersial seperti bus berukuran sedang hingga besar dan mobil truk, transmisi manual masih tetap favorit.

"Mayoritas penjualan mobil sekarang cukup besar untuk mobil bertransmisi otomatis. Kami di Auto2000 bisa mengatakan bahwa dari 108 jumlah dealer yang kami miliki di seluruh Indonesia, 80 hingga 85 persen itu yang terjual mobil bertransmisi otomatis. Kita tidak bisa bohongi, bahwa perubahan perilaku masyarakat juga ikut berubah." klaim Chief Executive Auto2000, Agus Prayitno beberapa waktu lalu di Jakarta.

Mengoperasikan mobil bertransmisi manual, memang dirasakan sangat ribet

Agus menjelaskan bahwa mereka juga sangat yakin bahwa 15-20 persen yang membeli mobil bertransmisi manual, itu pun terkendala budget. "Seandainya mereka punya alokasi budget yang cukup untuk membeli mobil bertransmisi otomatis, rasanya mereka bakal melakukan itu."

Beberapa hal yang digaris bawahi Agus adalah kondisi lalu lintas yang menuntut seseorang ingin lebih rileks saat mengemudikan kendaraannya. Mengingat jika mereka menggunakan mobil bertransmisi manual, maka bisa dibayangkan, betapa lelahnya saat melalui perjalanan panjang saat beraktifitas harian dalam kondisi macet.

"Sekarang itu, orang-orang tidak mau ribet untuk urusan berkendara atau berlalu lintas dalam keseharian mereka. Sehingga pilihan mobil matic di kota-kota yang rawan macet semakin tinggi. Apalagi dari sisi teknologi, mobil bertransmisi otomatis pun sudah mampu mengirit konsumsi bahan bakar sama baiknya dengan mobil bertransmisi manual."

Jadi rasanya potensi pembeli mobil bertransmisi otomatis kedepan masih akan terus berkembang. Terutama untuk pembeli pribadi, bukan fleet untuk penggunaan operasional kantor dan laiin sebagainya.


(UDA)