Lalu Lintas

Kurangi Kemacetan, Menhub: Mudik Sebelum H-3

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 30 May 2018 07:16 WIB
lalu lintas
Kurangi Kemacetan, Menhub: Mudik Sebelum H-3
Pintu Tol Brebes Timur (Brexit). Medcom.id/Kuntoro Tayubi

Jakarta: Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah persiapan jelang mudik lebaran 2018 telah dilakukan sejak Januari lalu. Persiapan dikerjakan mulai dari angkutan jasa hingga infrastruktur pendukung.

Untuk mengurangi kemacetan arus mudik Budi mengungkapkan, jika jalur mudik darat telah dipersiapkan. Salah satunya dengan memperbaiki sejumlah kondisi jalan yang bakal dilalui para pemudik, termasuk jalan tol Brebes-Pemalang.

Namun menurut Budi untuk mengurangi kemacetan saat mudik lebaran nanti bukan hanya dari kesiapan infrastruknya saja. Faktor lain yang disebut bisa berdampak adalah mengatur jadwal perjalanan mudik.

"Adanya jalan tol dari Jakarta sampai ke Surabaya membuat preferensi atau kecenderungan masyarakat ke sana akan banyak sekali," kata Budi di Metro Siang, Selasa 29 Mei 2018.

Guna mengantisipasi kemacetan akibat menumpuknya kendaraan karena jadwal mudik yang berbarengan, Budi mengimbau untuk warga yang libur lebih awal agar berangkat lebih cepat ke kampung halamannya.

"Kita menganjurkan bagi mereka yang sudah libur jangan mudik pada H-2 atau H-3. Sesuai dengan riset kami, H-2 dan H-3 digunakan preferensi mereka, bagi mereka yang sudah libur dari H-6 atau -H4 sebaiknya pulang duluan," kata Budi.


(UDA)