Industri Otomotif

Otomotif jadi Salah Satu Fokus Kemenperin di 2019

Ekawan Raharja    •    Senin, 24 Dec 2018 06:48 WIB
industri otomotif
Otomotif jadi Salah Satu Fokus Kemenperin di 2019
Industri otomotif menjadi salah satu bagian yang disorot oleh Kemenperin pada 2019. Medcom.id/Ekawan Raharja

Jakarta: Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengumumkan akan fokus memacu kinerja lima sektor industri yang mendapat prioritas pengembangan sesuai peta jalan Making Indonesia 4.0. Kelima sektor tersebut, yakni industri makanan dan minuman, tekstil dan pakaian, otomotif, elektronika, dan kimia.

Menurut Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, menjelaskan di 2019 akan menggenjot sektor-sektor tersebut untuk mampu meningkatkan ekspor. Selain itu mereka juga akan didorong untuk mengoptimalkan tingkatan komponen dalam negeri (TKDN).

Berdasarkan data Kemenperin, pada Januari-Oktober 2018 industri otomotif di Indonesia mengekspor kendaraan roda dua dengan total nilai sebesar USD1,3 miliar. Sedangkan, untuk kendaraan roda empat, dengan nilai USD4,7 miliar. Saat ini pemerintah sedang merancang kebijakan pemberian insentif fiskal yang dapat memicu industri lebih giat melakukan ekspor.



"Selain itu perlu dilakukan harmonisasi tarif dan revisi PPnBM untuk menggairahkan industri otomotif di Indonesia memproduksi kendaraan sedan sebagai upaya memenuhi kebutuhan pasar mencanegara seperti ke Australia,” ungkapnya melalui keterangan resminya.

Di samping itu, Menperin mengemukakan, Indonesia masih menjadi negara tujuan utama untuk lokasi investasi. Bahkan, adanya perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok, dinilai membawa peluang bagi Indonesia.

“Beberapa perusahaan ada yang sudah menyatakan minat investasi di Indonesia, seperti industri otomotif dari Korea dan Jerman.


(UDA)