Mobil Baru

Mazda Indonesia Ingin Impor CX-5 dari Malaysia

Ekawan Raharja    •    Selasa, 24 Oct 2017 08:57 WIB
mazda
Mazda Indonesia Ingin Impor CX-5 dari Malaysia
Mazda CX-5 yang ada di Idnonesia di impor utuh dari Jepang. Mazda

Metrotvnews.com, Jakarta: Mazda CX-5 yang ada di Indonesia saat ini masih didatangkan secara utuh dari Jepang. Padahal negara tetangga saat ini, Malaysia, sudah mulai memproduksi CX-5 sejak beberapa bulan lalu. Fakta ini membuat Mazda Indonesia ingin mengimpor mobil dari negara jiran tersebut.

PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) sebagai agen pemegang merek (APM) Mazda di Indonesia, sepertinya merencanakan hal tersebut. Tetapi mereka belum tahu apakah akan memasarkan SUV tersebut dengan mengambilnya dari Jepang atau Malaysia.

"Saat ini sedang kami pertimbangkan, kekurangan dan kelebihannya seperti apa. Mazda pusat sudah meminta untuk mempelajari terlebih dahulu, dan sekarang sedang kami pelajari," ujar Direktur Sales, Marketing & PR, PT Eurokars Motor Indonesia, Ricky Thio, kepada Metrotvnews.com beberapa waktu lalu.

Salah satu keunggulan jika mengambil dari Malaysia tentu akan ada perbedaan harga. Mengingat skema pajak impor mobil dari Malaysia dan Jepang terdapat perbedaan. Khususnya setelah perdagangan bebas berlaku di kawasan ASEAN.

"Harga tentu akan ada perbedaan tetapi tidak banyak. Karena SDM, bahan, dan material lainnya dikirim dari Jepang, di Malaysia itu perakitan. Tentu harga akan berbeda karena pajak, tetapi sedang kami pelajari dahulu," ujar pria ramah tersebut.

Ricky juga menegaskan bahwa konsumen tidak perlu khawatir nantinya jika PT EMI memasok CX-5 dari Malaysia. "Meski diproduksi di negara yang berbeda dari produsen Mazda di Jepang selama ini, namun kualitas yang ditawarkan sama karena sudah ada standar kualitas tetap sama. Konsumen tidak perlu khawatir dengan kualitasnya."

CX-5 yang ditawarkan di Indonesia saat ini sudah merupakan model terbaru. Sejumlah perubahan terjadi di sektor interior, eksterior, dan juga fitur kenyamanan.

PT EMI memasarkan New CX-5 dalam dua varian, Gran Touring (GT) dan Elite sebagai varian tertinggi. Keduanya dibekali dengan mesin 2.500 cc SKYActiv bertenaga 187 daya kuda di putaran 6.000 rpm dan torsi 251 Nm di putaran 3.250 rpm.

SUV ini bisa dipinang dengan label Rp526, 8 juta untuk varian GT, dan Rp548, 8 juta untuk varian Elite. Harga ini semuanya berstatus on the road Jakarta.


(UDA)