Industri Otomotif

Wuling Wajib Agresif di Tahun Pertama

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 21 Nov 2017 14:05 WIB
industri otomotifwuling motors
Wuling Wajib Agresif di Tahun Pertama
Wuling wajib agresif pasarkan unitnya dengan memperbanyak jaringan penjualan dan purna jual. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Medan: Sejak meresmikan pabrik baru di kawasan Cikarang, Jawa Barat, Juli 2017 lalu, Wuling Motors semakin agresif. Buktinya, mereka terus melakukan pembukaan jaringan di kota-kota besar di Indonesia. Tentunya ini jadi satu syarat agar mereka bisa segera berpenetrasi di pasar nasional.

Kali ini mereka membuka dealer di kawasan Medan, Sumatera Utara, sekaligus melengkapi dealer Wuling yang ke-45 secara nasional.

Perluasan jaringan dirasa wajib sebagai strategi penjualan yang ampuh dan cara paling efektif untuk mendekati konsumen. Manager Brand Wuling Motors, Dian mengatakan, perluasan jaringan dealer pabrikan mobil Tiongkok itu ditargetkan mencapai 50 dealer hingga akhir tahun ini.

Dealer Wuling SM Raja di kawasan Sitirejo II, Medan Amplas, Sumatra Utara, menempati area seluas 3.192 meter persegi dan bangunan seluas 1.008 meter persegi. Dilengkapi dengan fasilitas pusat pelayanan terpadu 3S (Sales, Service, Spare Part).

Termasuk adanya bengkel perawatan seluas 324 meter persegi, didukung dengan 11 unit stall mobil, 3 mekanik terlatih dan tersedianya Wuling Mobile Service (WMS) khusus untuk pelanggan yang tidak sempat ke bengkel untuk melakukan perawatan. Diakomodasi dengan ruang pamer/showroom yang bisa memajang hingga 6 unit mobil.

"Dealer SM Raja secara konsep dibangun untuk memenuhi pasar low MPV di Sumatera Utara, khusunya di wilayah Medan. Apalagi market low MPV secara nasional 49,6 persen. Untuk Medan sebagai kota ketiga besar di Indonesia markwt low MPV-nya hampir mendekati market Jawa Barat. Kami berharap dealer ini dapat memfasilitasi konsumen dalam melakukan pembelian maupun perawatan mobil Wuling," kata Branch Manager, Jansen saat berbincang dengan Metrotvnews.com di Medan, Selasa (21/11/2017).

Menarik, karena bukan hal gampang bagi brand baru seperti Wuling untuk bersaing di pasar otomotif nasional. Mereka harus punya strategi khusus untuk melakukan pendekatan kepada konsumen, yang pastinya sudah lama banyak dijejali oleh brand Jepang .

"Memang banyak pertanyaan konsumen tentang brand kami, jadi buat kami tantangannya adalah fakta melawan image. Untuk itu kami punya pendekatan khusus kepada konsumen, seperti menyediakan 2 unit test drive untuk monsumen yang ingin mencoba langsung, dan 2 unit experience untuk dipinjamkan ke instansi-instansi dalam jangka waktu tertentu," tutup Jansen.

Sebagai informasi selain dealer SM Raja, di Medan juga ada dealer Wuling Medan Ringroad, berlokasi di Jalan Industry Komplek Bisnis Centre No. A-1 Tanjung Rejo, Medan Sunggal, Kota Medan.


(UDA)