Mobil Listrik

Mobil Listrik, Mitsubishi: Regulasi Harus Fix!

Ahmad Garuda    •    Kamis, 16 Nov 2017 14:46 WIB
mitsubishimobil listrik
Mobil Listrik, Mitsubishi: Regulasi Harus Fix!
Mitsubishi menunggu regulasi yang fix dari pemerintah tentang mobil listrik. Insideevs

Jakarta: Wacana kendaraan listrik (motor dan mobil) direspon banyak pihak dengan cukup baik. Industri otomotif malah menantang pemerintah untuk bersama-sama menetapkan regulasi yang fix. Salah satunya Mitsubishi Indonesia, mereka menunggu keseriusan pemerintah untuk mewujudkan itu.

Ditemui usai pembukaan dealer ke-99 di kawasan Pulo Gadung, Jakarta Timur, Mitsubishi menegaskan sedang menunggu keputusan pemerintah tentang kendaraan listrik ini atau electric vehicle. Lantaran mereka tak mau jika impor kendaraan listrik sudah diberlakukan, tapi sarana pendukungnya malah tak ada.

"Masih banyak hal yang harus kita siapkan kalau mau berbicara tentang mobil listrik. Bukan hanya impor barang, tapi regulasinya juga. Paling gampang adalah harga. Harga per unit mobil listrik ini sangat mahal, kalau tidak ada regulasi khusus untuk harga, rasanya mustahil bisa dipasarkan dan laris," klaim Director of Sales and Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Irwan Kuncoro.

Lalu hal kedua yang digarisbawahi Irwan adalah soal stasiun pengisian tenaga listrik dan kemudahan untuk mendapatkan itu. Menurutnya, jika pengecasan hanya bisa dilakukan di tempat tertentu saja, maka ini bakal berdampak terhadap pemasarannya.

Belum lagi soal limbah baterai hingga sistem safety jika melalui genangan air yang cukup tinggi. Hal lainnya adalah kesiapan tenaga mekanik untuk melakukan perawatan. Meski dianggap mobil tipe ini free maintenance, namun mekanik tetap dibutuhkan untuk hal-hal tertentu.

"Intinya kami sekarang menunggu kebijakan pemerintah yang memang sudah memikirkan semua faktor soal mobil listrik. Karena ini juga akan berdampak terhadap industri komponen yang sudah menjadi siklus besar dalam industri otomotif nasional."

Terakhir Ia menegaskan bahwa kalau soal kendaraan listrik, mereka sama sekali tidak mengalami masalah. Lantaran brand dengan logo tiga berlian itu sudah memiliki varian mobil listrik yang resmi dijual di beberapa negara, yaitu i-MiEV.


(UDA)