Mobil Listrik

Nissan Menanti Regulasi Fix Sebelum Jual Note e-Power

Ekawan Raharja    •    Kamis, 16 Nov 2017 08:54 WIB
nissan
Nissan Menanti Regulasi Fix Sebelum Jual Note e-Power
NIssan e-Power menjadi salah satu cara Nissan memeperkenalkan teknologi mobil listrik kepada masyarakat Indonesia. MTVN/Ekawan

BSD City: Nissan Note e-Power sudah diperkenalkan kepada masyarakat di Indonesia saat Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Kemudian teknologi yang diusung mobil listrik tersebut juga sudah dipaparkan kepada Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto. Lantas kapan mobil ini mulai dipasarkan di Indonesia?

Vice President Director Sales and Marketing PT Nissan Motor Indonesia, Davy J Tuilan, menjelaskan masih menanti regulasi mengenai low cost emission vehicle (LCEV) yang sedang di godok pemerintah. Regulasi ini penting sebagai landasan mobil listrik sebelum dipasarkan di tanah air.

"Sampai saat ini kita masih belum memiliki rencana. Masih menunggu dulu regulasinya seperti apa," ujarnya beberapa hari lalu di Indonesia Convention Exhibtion, BSD City, Tangerang Selatan.

Menurutnya regulasi ini juga terkait dengan strategi pemasaran yang akan dilakukan Nissan Indonesia kelak. Davy membeberkan kalau Note e-Power memiliki varian X, S, Medalist, serta Note dengan teknologi internal combustion engine (ICE). Nantinya akan dilihat apakah regulasi ini lebih cocok menghadirkan mobil listrik saja atau sekaligus dengan tipe ICE.

"Kalau setelah regulasi disahkan, Saya tidak bisa bilang 12 bulan atau 18 bulan lagi. Belum ada rencana. Jadi tunggu aturannya dulu," tambahnya.

Note e-Power merupakan mobil listrik yang sudah dipasarkan di beberapa negara. Di negara asalnya, mobil mungil ini dipasarkan dengan harga sekitar JPY 2,1 juta atau sekitar Rp 251,7 juta.

Mobil ini sepenuhnya digerakan motor listrik yang berada di roda depan dengan tenaga 109 daya kuda dan torsi 254 Nm. Sedangkan untuk mengisi daya baterainya tidak memerlukan proses pengecasan, karena daya listrik disuplai dari mesin 1.200 bensin yang difungsikan sebagai generator.


(UDA)