Tips Mobil

Akali Wind Blower Calya-Sigra jadi AC Blower

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 03 Oct 2017 18:26 WIB
tips knowledge
Akali <i>Wind Blower</i> Calya-Sigra jadi <i>AC Blower</i>
Menambahkan selang untuk mengaliri udara AC merata ke bagian belakang. FB

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak sedikit pengguna Toyota Calya dan Daihatsu Sigra mengeluhkan sistem pendingin kabin 'air circulation' yang tak begitu terasa di baris kedua dan ketiga. Namun jangan khawatir, Sutopo Wicaksono yang merupakan member Cayla Sigra Community (Calsic) punya solusinya.

Dikutip dari laman Facebook-nya, Kediri, Jawa Timur, Minggu, 24 September 2017, Sutopo mengatakan, hal tersebut wajar jika baris kedua dan ketiga Calya Sigra tak begitu dingin. Karena sebagai mobil low cost green car (LCGC) membuatnya hadir dengan berbagai fitur yang terbatas. 

"Blower/kipas sudah double dari pabrikan, tapi evaporator-nya hanya ada satu yang dipasang di bagian depan. Yang belakang hanya blower saja tanpa evaporator," jelas Sutopo.

Untuk mengatasi masalah tersebut Sutopo bereksperimen di Calya miliknya, yaitu dengan cara menambahkan expansi selang AC. Selang itu dipasang dari bagian depan hingga ke bagian kipas belakang (air circulation).

"Untuk memasangnya hanya butuh bahan selang air sepanjang 2,5 meter. Kemudian lubangi pipa extensi AC bagian depan tengah. Selanjutnya masukkan ujung selang melewati bagian bawah airbag, pilar A, plafon, hingga berujung di blower belakang."

Alhasil, uji coba yang dilakukannnya diklaim sukses, karena kata Sutopo baris kedua dan ketiga di Calya miliknya lebih dingin jika dibanding sebelum pasang selang. Selamat mencoba!


(UDA)