Industri Otomotif

Penggunaan Transmisi Manual di Mobil BMW Semakin Berkurang

Ekawan Raharja    •    Jumat, 17 Mar 2017 16:10 WIB
bmw
Penggunaan Transmisi Manual di Mobil BMW Semakin Berkurang
Permintaan transmisi manual mobil BMW semakin berkurang. CarandAdvice

Metrotvnews.com: Permintaan transmisi otomatis yang semakin meningkat membuat penggunaan transmisi manual semakin tergerus. Bahkan,saat ini pabrikan mobil Jerman sudah mulai mengurangi penggunaan transmisi manual di beberapa modelnya.

Head of Sales and Marketing BMW, Ian Robertson, menjelaskan bahwa saat ini semua model BMW sudah dilengkapi dengan transmisi otomatis. Sehingga menyebabkan permintaan transmisi manual pun semakin menurun dari waktu ke waktu.

"Tiongkok tidak pernah ada transmisi manual, mereka inginkan otomatis. Di Amerika Serikat (AS) dominan transmisi otomatis, dan Eropa permintaan transmisi otomatis semakin banyak," ucapnya seperti dikutip dari Caranddriver.

Namun rival abadi Mercedes-Benz tersebut memastikan, bahwa tidak ada rencana untuk menghentikan produksi mobil yang menggunakan transmisi manual di Mini atau 1-series. Sedangkan di model 3-series atau 4-series masih akan dilihat, apakah tetap mempertahankan transmisi manual atau menghilangkannya.

Sementara, untuk M-Series dipastikan akan terus menawarkan model dengan transmisi manual. Karena BMW menyebutkan, jika konsumen M-Series masih menyukai mobil-mobil yang bisa dikendalikan secara manual.

Tentu saja penggunaan transmisi manual bagi sebagian kalangan masih di cari. Memindahkan tongkat perseneling dan mengendalikan putaran mesin, dianggap menjadi salah satu sensasi berkendara yang tidak bisa dikendalikan.

Namun tidak sedikit pula orang-orang yang menginginkan hal-hal yang praktis, termasuk penggunaan transmisi otomatis. Ferrari kini sudah menghentikan penggunaan transmisi manual karena sudah tidak sesuai dengan teknologi Ferrari.


(GUS)