Intip Kecanggihan The Beast, Calon Mobil Kepresidenan Donald Trump

Hilman Haris    •    Rabu, 09 Nov 2016 16:22 WIB
teknologi otomotif
Intip Kecanggihan The Beast, Calon Mobil Kepresidenan Donald Trump
Limusin ini diklaim bisa menahan tembakan dari jarak jauh dan dekat. (Foto: dok Wikiwand)

Metrotvnews.com: Donald Trump bakal menjadi Presiden Amerika Serikat ke-45. Kepastian itu didapat Trump setelah mengalahkan Hillary Clinton dalam Pemilihan Presiden untuk periode 2017—2021, Rabu 9 November.

Ketika mulai aktif sebagai Presiden AS, Trump akan menggunakan mobil limusin Cadillac yang biasa dikenal dengan sebutan The Beast sebagai kendaraan operasional. Julukan tersebut muncul karena  mobil ini sosok dan kekuatannya bagaikan monster.

Selain itu, mobil ini dianalogikan sebagai  “bungker baja berjalan” yang menjadi tameng terakhir Trump dari serangan bahaya musuh saat kunjungan di dalam maupun luar negeri.

Limusin tersebut sudah pasti antipeluru. Seperti dilansir Financial Express, calon mobil Trump dilapisi pintu setebal 8 inci, lalu menggunakan ban dengan teknologi run-flat yang menggunakan material kevlar, hingga kaca anti-peluru dengan tebal minimal 0,5 inci. 



Dengan semua balutan itu, limusin tersebut diklaim bisa menahan tembakan dari jarak dekat. Tak lupa, tangki bahan bakar ‘The Beast’ juga dilapis baja. Dengan begitu, Trump tetap aman walau  mobilnya terkena bom atau pelontar granat.

Mobil ini dibekali dengan mesin V8 8.1-liter dan memiliki bobot hingga 9.000 kg. Calon mobil Trump bisa seberat itu karena keberadaan bodi baja serta sejumlah roket peluncur. 



Dari segi interior, mobil ini dilengkapi sekat antigas beracun serta suplai oksigen. Hal itu dimaksudkan agar bisa mencegah serangan gas kimia. Fasilitas telepon satelit dan sistem komunikasi video interaktif juga diberikan. Dengan fasilitas itu, Presiden Trump dapat berkordinasi dengan para pejabat di instansi negara dari dalam limusin. 

Tak melulu soal keselamatan. Menurut AutoExpress, kenyamanan Trump selama di limusin juga diperhatikan. Buktinya, mobil ini dilengkapi sistem audio-video dengan 10 CD-changer dan pengatur suhu individual. Selain itu, tempat duduk presiden juga dilengkapi dengan pemijat. (dari berbagai sumber)


(HIL)