Teknologi Otomotif

Ferrari Bakal Bekali Teknologi Hybrid di Berbagai Model Terbaru

Ekawan Raharja    •    Kamis, 10 Nov 2016 11:35 WIB
ferrari
Ferrari Bakal Bekali Teknologi Hybrid di Berbagai Model Terbaru
Ferrari LaFerrari dan LaFerrari Aperta merupakan dua supercar yang sudah mengusung teknologi hybrid. Ferrari

Metrotvnews.com: Ferarri menjadi satu-satunya pabrikan supercar yang sudah membekali produk dengan teknologi hybrid. Bahkan pabrikan berlogo kuda jingkrak ini sudah mencanangkan proyek ambisisu, yakni membekali semua produk terbaru dengan teknologi hybrid.

Seperti dilansir Paultan, model yang dilengkapi dengan teknologi hybrid adalah yang dikeluarkan setelah 2019. Kabarnya, model terbaru yang akan dilengkapi teknologi ini adalah penerus F12 yang akan meluncur 2020.

Saat ini, Ferrari sudah mematenkan desain platform untuk model selanjutnya. Setelah itu, platform tersebut tidak hanya untuk penerus F12. Namun juga beberapa model lainnya.

Menurut CEO Ferrari, Sergio Marchionne, kombinasi pembakaran internal dengan tenaga listrik akan mendongkrak kemampuan mobil. Bahkan ia sesumbar kombinasi keduanya membuat supercar Ferrari akan lebih efisien.

Keseriusan Ferrari mengembangkan supercar ramah lingkungan sudah terlihat dari Geneva Motor Show 2010. Pada saat itu, mereka menampilkan mobil konsep 599 Hy-Kers yang dilengkapi dua baterai lithium-ion untuk menggerakkan motor listrik dan transmisi dual-clutch.

Saat ini,  baru LaFerrari dan LaFerrari Aperta yang sudah mengusung teknologi ramah lingkungan tersebut. Sedangkan para kompetitor, seperti Lamborghini dan McLaren belum menghadirkan supercar yang ramah lingkungan.


(HIL)