GIIAS Surabaya

Wagub Jatim: Ada Pergeseran Pasar Otomotif Saat Ini

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 28 Sep 2016 14:22 WIB
giias surabaya
Wagub Jatim: Ada Pergeseran Pasar Otomotif Saat Ini
GIIAS Surabaya 2016 diramaikan 11 APM, baik kendaraan penumpang maupun kendaraan komersial. MTVN/Ainto Harry Budiawan

Metrotvnews.com, Surabaya: Wilayah Jawa Timur menjadi pasar otomotif terbesar ketiga setelah Jakarta dan Jawa Barat. Potensi wilayah ini cukup berkembang, ditambah Surabaya juga menjadi barometer pasar otomotif wilayah timur Indonesia.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf mengaku terkejut wilayah yang dipimpinnya jadi pasar terbesar ketiga. Menurutnya hal ini positif karena berdampak dalam pendapatan daerah dari pajak kendaraan bermotor.

Meski begitu, dari data tahun 2014 dan 2015 Yusuf mengatakan ada penurunan penjualan mobil di wilayah Jawa Timur. "Untuk 2016 ini ada kenaikan sedikit dan ini mesti kita atur bersama GAIKINDO, karena berpengaruh terhadap pendapatan wilayah dari pajak kendaraan yang termasuk besar," ucapnya lebih lanjut.

Yusuf juga mengatakan ada pergeseran pasar saat ini. Mobil entry level lebih banyak jadi favorit. "Membaiknya kondisi pasar karena penjualan mobil harga Rp100 jutaan meningkat. Bahkan mobil ini jadi hadiah untuk gerak jalan di sini," paparnya dalam pembukaan GIIAS Surabaya di Grand City Convex hari ini (28/9/2016).

Pria yang akrab disapa Gus Ipul ini mengatakan, sekarang ini populasi kendaraan bermotor di Jawa Timur mencapai 16 juta unit. "Mobil 2 juta unit dan sisanya sepeda motor," pungkasnya.

Pameran GIIAS Surabaya bakal berlangsung 28 September sampai 2 Oktober 2016 mendatang, di Grand City Convex, Surabaya. Sebanyak 13 Agen Pemegang Merek (APM) Indonesia, meliputi 11 passenger cars yakni Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, Lexus, Mercedes-Benz, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki dan Toyota. Serta 2 peserta commercial cars yakni Isuzu dan Mitsubishi Fuso.


(UDA)