Teknologi Part Otomotif

Produsen Busi, Berlomba Ciptakan Busi Performa Tinggi

Ekawan Raharja    •    Minggu, 09 Oct 2016 13:57 WIB
komponen aftermarket
Produsen Busi, Berlomba Ciptakan Busi Performa Tinggi
Bosch hadirkan busi Super 4 untuk menyesuaikan dengan mesin mobil saat ini. Bosch

Metrotvmews.com, Jakarta: Perkembangan teknologi mesin mobil setiap waktu harus juga diiringi dengan perkembangan komponen lainnya. Seperti pemilihan komponen busi yang bisa mengikuti kinerja tinggi mesin-mesin yang mengutamakan performa.

Riset busi pun dilakukan dengan baik oleh produsen busi asal Jerman, Bosch, yang juga memperkenalkan produk busi terbarunya Super 4. Busi ini dikembangkan dengan melihat teknologi mesin mobil saat ini, dan membuat kinerja mesin tetap optimal.

"Super 4 mengandalkan empat elektroda, membuat pengapian lebih efektif sehingga mampu memberikan akselerasi mobil yang lebih bertenaga dan responsif," terang Marketing Manager Bosch Automotive Aftermarket, Griselda Iwandi, melalui keterangan resminya.

Griselda menambahkan bahwa keempat elektroda dasar Super 4 telah melalui proses pengaturan otomatis langsung dari pabrik. Pengguna tidak perlu melakukan pengaturan ulang secara manual, yang justru dapat berpotensi mengakibatkan pengapian yang tidak sempurna dan berujung pada kepincangan mesin mobil.

Kemudian Super 4 juga dilengkapi dengan teknologi surface-air gap yang mampu menjaga ujung busi bebas dari sisa pembakaran. Teknologi ini membuat self-cleaning ujung busi terjadi ketika pengapian, dampaknya performa busi tetap optimal hingga 45 ribu kilometer.

"Efisiensi bahan bakar tak hanya ditentukan melalui bagaimana cara mengemudi. Pemilihan busi adalah salah satu faktor lainnya. Busi ini cocok dengan mayoritas kendaraan buatan Asia yang dipasarkan di Indonesia,” jelas Griselda.

Tentu saja pengembangan busi tidak hanya dilakukan oleh Bosch saja. Beberapa produsen busi, seperti Denso atau NGK, juga mengembangkan teknologi di busi agar dapat diterima oleh mobil saat ini. Khusus untuk dengan model 4 elektroda ini, masing-masing punya spesifikasi yang berbeda sesuai kebutuhan.


(UDA)