Mobil Baru

Freed Baru Meluncur di Jepang, Ada Versi Hybrid

Ekawan Raharja    •    Senin, 19 Sep 2016 12:00 WIB
honda mobil
Freed Baru Meluncur di Jepang, Ada Versi Hybrid
All New Honda Freed sudah mulai dipasarkan untuk pasar Jepang. Honda

Metrotvnews.com, Tokyo: Honda akhirnya meluncurkan generasi kedua Freed di Jepang. Bedanya, sekarang Freed terdapat versi hybrid dengan teknologi terbaru dari Honda. Tentunya ini menjadi terobosan terbaru, mengingat mobil MPV dengan sistem hybrid belum ada.

All New Freed diperkenalkan dalam dua tipe Freed dan Freed+. Freed mengusung seat tiga baris dan Freed+ dengan seat dua baris, secara keseluruhan mobil MPV boxy ini hadir dengan total 16 varian. Generasi terbaru Freed ini sangat berarti, lantaran Freed pertama kali diluncurkan 2009 dan belum pernah mendapatkan penyegaran, baik facelift maupun all new.

Berbicara sektor tenaga, mobil ini dibekali dengan mesin 1.500 cc DOHC i-VTEC dengan transmisi CVT. Sedangkan versi hybrid menggunakan mesin 1.500 cc Atkinson cycle DOHC i-VTEC dengan satu motor listrik Sport Hybrid Intelligent Dual-Clutch Drive (i-DCD), dikombinasikan bersama gearbox 7-percepatan.

Berbicara konsumsi bahan bakar tentu saja keduanya berbeda. Honda mengklaim Freed bermesin bensin mampu mencatatkan konsumsi bahan bakar hingga 19 kilometer per liter (KPL), sedangkan Freed hybrid mencatatakan konsumsi bahan bakar 27,2 (KPL).

Kemudian pabrikan asal Jepang ini melengkapi All New Freed dengan sistem penggerak roda depan atau sistem penggerak empat roda (all Wheel drive). Kedua sistem penggerak tersebut tersedia untuk Freed ataupun Freed+.

Menurut edaran persnya, All New Freed ditargetkan dapat menyumbang enam ribu unit perbulannya untuk pasar Jepang.

Di Jepang All New Freed sudah bisa dibeli dengan harga mulai JPY1,880 juta atau setara dengan Rp242 juta, hingga JPY2,748 juta atau setara dengan Rp354 juta.

Belum diketahui kapan mobil ini akan masuk ke Indonesia. Namun pabrik Honda di Karawang sudah dipastikan menghentikan produksi Freed generasi saat ini. Tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat Honda akan menghadirkan penantang yang pas untuk Toyota Sienta.


(UDA)