Autonomous

Volvo Uji Truk FMX Otonom, Seribu Meter di Bawah Tanah

Ekawan Raharja    •    Selasa, 20 Sep 2016 08:23 WIB
volvo
Volvo Uji Truk FMX Otonom, Seribu Meter di Bawah Tanah
Volvo berencana menerapkan teknologi otonom di kendaraan komersialnya. Carscoops

Metrotvnews.com: Teknologi otonom juga tampaknya menarik perhatian untuk diaplikasikan di kendaraan komersial. Volvo yang saat ini sedang gencar mengembangkan teknologi otonom untuk kendaraan penumpang, juga berencana mengaplikasikan tenaga tersebut di mobil niaga atau komersilnya.

Pabrikan otomotif asal Swedia ini berhasil membenamkan teknologi otonom untuk sasis FMX. Bahkan mereka sudah melakukan uji coba dengan cara masuk ke dalam galian tambang.

Tak tanggung-tanggung, mereka mengujinya ke dalam tambang Boliden, Krstineberg, Swedia. Mobil ini diuji melewati zone ledakan dengan posisi 1.000 meter di bawah permukaan tanah.

"Ini merupakan pertama kali pengujian full otonom dengan kondisi yang sulit. Tantangan ini untuk memastikan semuanya bekerja secara presisi di kondisi ribuan meter di bawah permukaan tanah," ujar anggota Executive Board Volvo Group, Torbjorn Holmstrom, seperti dikutip dari Todaystrucking.

Truk ini pun dapat melewati berbagai rintangan dengan baik. Teknologi otonom ini dapat bekerja dengan baik berkat enam radar dan sensor yang bekerja memindai kondisi jalanan serta dinding terowongan. Nantinya radar dan sensor ini memberikan peta yang digunakan sistem untuk mengendalikan setir, gas, rem, serta transmisi.

Sayangnya tak disebutkan sistem pengendalian melalui petunjuk peta secara stream ataukah menggunakan peta yang sudah terdapat di dalam sistemnya. Petinggi Volvo juga berharap dengan adanya teknologi otonom, sistem bekerja akan lebih efisien dan lebih dapat di atur. Kemudian diharapkan pula risiko fatal yang menimpa pekerja juga dapat berkurang jauh.




(UDA)