Volkswagen Hentikan Produksi Golf di Jerman

Ekawan Raharja    •    Rabu, 24 Aug 2016 12:23 WIB
volkswagen
Volkswagen Hentikan Produksi Golf di Jerman
Pabrik Volkswagen di Jerman menghentikan produksi Golf. VW

Metrotvnews.com: Volkswagen diketahui menghentikan produksi model andalannya Golf. Alasannya karena pabrikan asal Jerman ini memiliki konflik dengan pemasok suku cadang kedua model tersebut.

Permasalahan berasal dari Volkswagen yang ditengarai menghentikan kontrak kerja sama secara sepihak. Sehingga kedua suplier merasa dirugikan karena tanpa diberitahu terlebih dahulu dan tanpa menawarkan kompensasi.

Dikutip dari Reuters, kedua suplier tersebut adalah CarTrim yang memasok kebutuhan plastik untuk jok. Sedangkan yang kedua adalah ES Automobilguss yang memasok kebutuhan besi untuk gearbox dan sistem pembuangan.

Dipastikan Volkswagen akan mengalami kerugian yang cukup banyak lantaran kedua suplier tersebut menuntut ganti rugi sebesar EUR58 miliar.

Tak sampai disitu saja, dipastikan 6 dari 10 pabrik Volkswagen di Jerman akan mengalami penundaan produksi hingga beberapa hari ke depan. Padahal, pabrikan otomotif nomor satu dunia tersebut sedang memasang target 15.00 unit Golf sepajang 2016.

Belum diketahui stok Golf yang ada di Indonesia juga akan terpengaruh karena masalah ini. Tercatat hingga paruh 2016 Volkswagen Indonesia sudah menjual 4 unit Polo, berdasarkan data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO).


(UDA)