Mobil Baru

Mazda3 2019 Pakai Mesin Tanpa Busi

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 11 Oct 2017 11:52 WIB
mazda
Mazda3 2019 Pakai Mesin Tanpa Busi
Siluet Mazda3 terbaru yang akan rilis di Tokyo Motor Show 2017. Mazda

Metrotvnews.com: PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) baru merilis Mazda3 untuk Indonesia. Tapi di Jepang sana, Mazda sedang bersiap mengenalkan versi terbaru yakni model tahun 2019 pada gelaran Tokyo Motor Show 2017.

Menariknya, mobil ini akan hadir dengan banyak penyempurnaan dan pengembangan teknologi. Mobil ini akan mengusung platform mesin yang baru, yaitu berbasis pada filosofi Mazda's human-centered, yang memberikan fungsi optimal.

Menariknya mobil ini disebut bakal mengusung mesin terbaru Skyactiv-X. Ini adalah mesin bensin yang pembakarannya mengandalkan kompresi, dan pertama di dunia.

Mesin tanpa busi itu disebut Homogeneous Charge Compression Ignition (HCCI), yang merupakan keluarga dari SkyActiv II. Seperti yang disebutkan, mesin ini tanpa busi untuk meletupkan campuran gas bakar dan udara.

Mazda menggantikan peran busi dengan kompresi untuk membakar campuran uap bahan bakar dan udara yang masuk ke ruang mesin. Ini seperti mesin diesel, tapi diterapkan di mesin bensin, dan disebutkan mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Mazda3 menjadi salah satu model yang penting untuk Mazda di pasar Jepang. Mengingat unit untuk Indonesia datang dari sana, bisa jadi mobil ini bakal segera hadir di tanah air.


(UDA)