Industri Otomotif

Cina Komitmen Dorong Penggunaan Mobil Listrik

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 22 Nov 2017 13:22 WIB
mobil listrik
Cina Komitmen Dorong Penggunaan Mobil Listrik
Cina jadi negara terdepan menjual mobil listrik. Carscoops

Beijing: Mobil listrik sudah menjadi isu global bagi industri otomotif. Setiap produsen otomotif menggenjot penjualan dan mengembangkan teknologi terbarunya, begitu pula dengan banyak negara yang membuat regulasi untuk mobil listrik.

Saat ini Cina berstatus sebagai pasar terbesar untuk mobil bertenaga listrik. Pada kuartal ketiga 2017 saja, penjualannya mencapai 287.000 unit. Naik 63 persen untuk periode yang sama tahun lalu.

Bahkan secara global, penjualan mobil listrik di Cina mencakup lebih dari separuh penjualan mobil listrik global. Disusul oleh Eropa dan Amerika Utara pada kuartal tiga, seperti dituliskan Autonews.

"Pemerintah Cina sangat fokus mendorong penjualan mobil bertenaga listrik. Alasan pertama karena polusi sudah sangat tinggi dan kedua mendorong merek otomotif lokal bersaing di pasar global untuk mobil listrik," kata seorang analis, Aleksandra O'Donovan.

Di satu sisi, pemerintah setempat juga memberikan insentif besar untuk mobil listrik. "Tak heran jika harga jual mobil ramah lingkungan itu 40 persen lebih murah dibandingkan mobil reguler bermesin bakar," lanjutnya.

Sayangnya di Indonesia sendiri mobil listrik masih dianggap barang mewah dan mahal. Regulasinya pun belum jelas, sementara disatu sisi pabrikan otomotif yang ada di Indonesia sudah memamerkan teknologinya dan mereka menyatakan siap.


(UDA)